Korelasi kompetensi membaca al-Qur'an dengan tingkat inteligensi siswa SMP Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiruddin, Ahmad (2017) Korelasi kompetensi membaca al-Qur'an dengan tingkat inteligensi siswa SMP Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu peristiwa yang dialami peneliti beberapa tahun lalu, dimana peneliti menjumpai banyak siswa yang cara membaca Al-Qur’an-nya begitu fasih, sementara dari segi akademisnya ternyata siswa tersebut juga berprestasi. Di samping itu, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup yang tiada habisnya untuk dikupas serta begitu yang unik karena mengupas berbagai macam ilmu, baik agama maupun umum, seperti kecerdasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kompetensi membaca Al-Qur’an siswa SMP Negeri 13 Surabaya, 2) bagaimana tingkat inteligensi siswa SMP Negeri 13 Surabaya dan 3) adakah korelasi antara kompetensi membaca Al-Qur’an dengan tingkat inteligensi siswa SMP Negeri 13 Surabaya? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kompetensi membaca Al-Quran siswa SMP Negeri 13 Surabaya, 2) mengetahui tingkat inteligensi siswa SMP Negeri 13 Surabaya, 3) mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi membaca Al-Qur’an dengan tingkat inteligensi siswa SMP Negeri 13 Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: 1) tes; 2) observasi; 3) dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang kompetensi membaca Al Qur’an siswa, sementara untuk mengumpulkan data tentang tingkat inteligensi siswa digunakan dokumentasi. Demi validitas data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan pedoman penskoran ketika mengumpulkan data tentang kompetensi membaca Al Qur’an. Sementara teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi membaca Al-Qur’an siswa SMP Negeri 13 surabaya sangat beragam namun didominasi oleh siswa dengan kategori bagus, 2) data tentang tingkat inteligensi siswa pun sangat beragam, namun didominasi oleh siswa berinteligensi rata-rata, 3) hasil analisis Product moment yang dilakukan, diperoleh 0,112 untuk uji kendall, sementara uji spearman diperoleh taraf sebesar 0,177, apabila diinterpretasikan maka taraf tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara kompetensi membaca Al-Qur’an dengan tingkat inteligensi siswa, sedangkan korelasi yang diperoleh memiliki hubungan sangat rendah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiruddin, Ahmadahmad_firdin@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: kompetensi membaca al-Qur'an; intelegensi siswa SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoiruddin Ahmad
Date Deposited: 03 May 2017 04:41
Last Modified: 03 May 2017 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16632

Actions (login required)

View Item View Item