PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN ALAM DI SMP ALAM INSAN MULIA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulva, Masrurotul (2014) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN ALAM DI SMP ALAM INSAN MULIA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Alam di SMP Alam Insan Mulia Surabaya. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, Bagaimana konsep pembelajaran dengan pendekatan alam di SMP Alam Insan Mulia Surabaya?. Kedua, Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan alam di SMP Alam Insan Mulia Surabaya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data antara lain: dokumen-dokumen atau transkip yang telah ada, Indepth interview (wawancara mendalam), observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan Descriptive kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi tentang pembelajaran pendidikan agama Islam dengan pendekatan alam.
Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data bahwa Konsep Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan alam di SMP Alam Insan Mulia Surabaya berawal dari pertama, konsep dasar sekolah SMP Alam Insan Mulia yaitu Back to Nature yakni pemahaman bahwa segala cipaan Allah SWT adalah amanah yang harus dijaga dan dilestarikan. Kedua, tiga konsep alam siswa sebagai pendekatan psikologi anak, yaitu : Alam anak, dimana anak didik akan diarahkan untuk mengenal pribadinya secara individu. Kemudian, alam social, yaitu memperkenalkan anak didik terhadap realitas social di sekelilingnya. Dan selanjutnya adalah alam lingkungan hidup, yaitu memperkenalkan anak didik terhadap realitas alam lingkungan mencakup seluruh alam semesta. Sedangkan Implikasi Pendidikan Agama Islam di SMP Alam Insan Mulia menerapkan system Integrated Learning, Contextual Teaching, dan Cooperative Learning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syamsudin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulva, MasrurotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Alam; Khalifah; Integrated Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2015 04:18
Last Modified: 09 Apr 2015 04:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item