Peningkatan kekerampilan berbicara siswa melalui strategi Make a Match dengan media Papan Flanel materi fi al-Fasl Kelas V MI Nurul Falah Wonoayu Sidoarjo

Rohmani, Khulna Arwiya (2017) Peningkatan kekerampilan berbicara siswa melalui strategi Make a Match dengan media Papan Flanel materi fi al-Fasl Kelas V MI Nurul Falah Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab pada pokok bahasan “fi al-fasli (di dalam kelas)” kelas V yang dilaksanakan di MI Nurul Falah Wonoayu Sidoarjo belum bias melibatkan peran siswa secara optimal. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa arab. Sesuai dengan hasil dari prosentase pra siklus sebesar 10%. Siswa cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab, menanggapi hal tersebut peneliti menggunakan strategi pembelajaran make a mach dengan papan flanel, melalui penelitian tindakan kelas dengan itu diharapkan dapat meningkatkan berbicara bahasa arab siswa MI Nurul Falah Wonoayu Sidoarjo. Berdasarkan latar belakang, permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah Bagaimana penerapan strategi make a match dan media papan flanel dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab kelas V MI Nurul Falah kecamatan Wonoayu? Dan Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa kelas V MI Nurul Falah Kecamatan Wonoayu melalui strategi make a match dan media papan flanel? Model penelitian tindakan kelas yang digunakan yaitu model Kurt Lewin, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, penilaian performance, tes tulis, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase kentutasan belajar dan nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara bahasa arab siswa telah dilaksanakan dengan baik, dapat dilihat dari observasi aktifitas siswa pada siklus I sebesar 66,67%, dengan kategori cukup kemudian mengalami peningkatan sebesar 86,67% dengan kategori baik. Begitupun keterampilan berbicara bahasa arab siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 60 dengan ketuntasan performance sebesar 55% dengan kategori cukup, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79 dengan ketuntasan performance sebesar 80% dengan kategori baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan; Strategi Make a match; media papan flanel
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rohmani Khulna Arwiya
Date Deposited: 03 May 2017 02:08
Last Modified: 03 May 2017 02:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16588

Actions (login required)

View Item View Item