Peningkatan kemampuan menghitung luas trapesium dan layang-layang mata pelajaran matematika melalui strategi College Ball Siswa Kelas V MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya

Hurriyyah, Zaimatul (2017) Peningkatan kemampuan menghitung luas trapesium dan layang-layang mata pelajaran matematika melalui strategi College Ball Siswa Kelas V MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Matematika tidak lepas dari kemampuan menghitung yang merupakan kesanggupan individu untuk menyelesaikan ataupun memecahkan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian. Tetapi kemampuan berhitung siswa di MI Bina Bangsa masih rendah dan masih banyak yang belum memenuhi nilai KKM. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan strategi College Ball dalam meningkatkan kemampuan menghitung luas trapesium dan layang-layang pada siswa kelas V MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan menghitung luas trapesium dan layang-layang melalui strategi College Ball pada siswa kelas V MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan juga dokumentasi. Dari hasil analisis hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) Penggunaan strategi College Ball pada siswa kelas V MI Bina Bangsa Surabaya dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 84,1 (baik) pada siklus I menjadi 95,5 (sangat baik) pada siklus II. Sementara untuk nilai observasi aktivitas siswa juga meningkat dari 65 (cukup) pada siklus I menjadi 85 (baik) pada siklus II. (2) Penggunaan strategi College Ball dapat meningkatkan kemampuan menghitung yang terlihat pada peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sebesar 78,5 (baik) menjadi 91,1 (sangat baik) pada siklus II. Prosentase ketuntasan juga mengalami peningkatan dari 54,5% (kurang) pada siklus I menjadi 90,5% (sangat baik).

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hurriyyah Zaimatul
Date Deposited: 02 May 2017 07:16
Last Modified: 02 May 2017 07:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16574

Actions (login required)

View Item View Item