Penggunaan metode Everyone Is a Teacher Here untuk meningkatkan pemahaman materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia mata pelajaran IPS pada siswa kelas V-A MINU Plus Islamiyah Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhiro, Umi (2017) Penggunaan metode Everyone Is a Teacher Here untuk meningkatkan pemahaman materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia mata pelajaran IPS pada siswa kelas V-A MINU Plus Islamiyah Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Tingkat pemahaman siswa kelas V-A MINU Plus Islamiyah terhadap mata pelajaran IPS materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia masih kurang. Hasil pre-test yang dilakukan pada pra siklus menunjukkan nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 48% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,2. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru, rendahnya pemahaman siswa diakibatkan dari metode yang digunakan yakni ceramah. solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan menggunakan metode Everyone Is a Teacher Here.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Dapat mengetahui penerapan metode everyone is a teacher here pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia kelas V-A di MINU Plus Islamiyah Buduran Sidoarjo, 2) Dapat mengetahui peningkatan pemahaman yang diperoleh dari penerapan metode everyone is a teacher here pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia kelas V-A di MINU Plus Islamiyah Buduran Sidoarjo
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu 1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Observasi 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes tulis dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan di kelas V-A MINU Plus Islamiyah dikatakan tuntas. (1) Aktivitas guru meningkat dari 84 pada siklus I dengan kategori baik menjadi 96,9 pada siklus II dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 75 pada siklus I dengan kategori cukup menjadi 97,5 pada siklus II dengan kategori sangat baik.(2) persentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus yaitu 47,8% dengan kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 69,6% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 91,3% dengan kategori baik sekali. Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 67,2, pada siklus I meningkat menjadi 73, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,5.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhiro, Umiuminadhiro42@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Metode Everyone Is a Teacher Here
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadhiro Umi
Date Deposited: 03 May 2017 01:22
Last Modified: 03 May 2017 01:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16562

Actions (login required)

View Item View Item