Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli hasil tanah wakaf di Dusun Kalitunggak Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purbiyatin, Yulis (2017) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli hasil tanah wakaf di Dusun Kalitunggak Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Islam terhadap jual beli hasil tanah wakaf di Dusun Kalitunggak Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk” adalah merupakan hasil penelitian lapangan atau (Field Risech) untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana praktik jual beli hasil tanah wakaf di Dusun Kalitunggak Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk dan Bagaimana Perspektif Hukum Islam terhadap jual beli hasil tanah wakaf di Dusun Kalitunggak Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini berorientasi pada penelitian lapangan, serta menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara mengumpulkan data yang berkaitan dengan kasus yang dianalisis, serta sumber data diperoleh dari data primer yang meliputi data keterangan Nadzir, Masyarakat, Ahli waris, Perangkat Desa, dan data sekunder yang bersifat membantu, menunjang serta memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan di Dusun Kalitunggak Desa Salamrojo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, yang mana sengketa ini adalah pihak ahli waris yang mengkomersialkan hasil tanah wakaf, namun hasil tanah wakaf ini tidak di operasinalkan ulang untuk pemberdayaan tanah wakaf tersebut melainkan hasil tanah wakaf tersebut diambil untuk kepentingan pribadi. Hasil dari penelitian ini adalah tanah wakaf yang sudah diberikan wakif kepada masyarakat untuk kepentingan umum tidak diperbolehkannya untuk diperjual belikannya hal tersebut sesuai dengan Hukum Islam serta Undang-undang yang mengatur tentang wakaf, namun Hukum Islam terdapat pengecualian terhadap tanah wakaf yang akan diperjualbelikan dengan syarat tanah wakaf tersebut sudah tidak produktif, hal tersebut yang memperboleehkanya untuk diperjualbelikan namun hasil penjualan tanah wakaf tersebut harus diakumulasikan untuk pemberdayaan tanah wakaf tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purbiyatin, YulisYulispurbiyatin123456@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Purbiyati Yulis
Date Deposited: 02 May 2017 06:33
Last Modified: 02 May 2017 06:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16555

Actions (login required)

View Item View Item