Tinjauan hukum Islam terhadap wakaf uang untuk anak yatim piatu: studi kasus di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Babat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Ani (2017) Tinjauan hukum Islam terhadap wakaf uang untuk anak yatim piatu: studi kasus di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Babat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan obyek penelitian KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Babat, dengan topik “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Wakaf Uang Untuk anak Yatim Piatu (Studi Kasus di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Babat)”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: mengapa wakaf uang di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Babat tidak menggunakan istilah infak atau sedekah jariyah dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap wakaf uang di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Babat. Dalam menyelesaikan skripsi ini, menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan studi kepustakaan kemudian diolah dengan cara editing, organizing dan kemudian menganalisis dengan menggunakan kaidah-kaidah dan dalil-dalil yang berkaitan dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Babat ini ditemukan bahwa praktik wakaf uang yang hanya Rp. 10.000 memiliki manfaat cukup besar dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan wakaf uang Rp. 10.000 dapat menjangkau seluruh kalangan dalam masyarakat secara merata. Pengelolaan wakaf uang menggunakan model dana abadi. Jika praktik ini dianalisis dengan hukum Islam, maka wakaf uang di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Babat telah sesuai dengan hukum Islam. Pengelolaan wakaf uang adalah dengan dibuat modal usaha. Setelah itu hasil atau manfaat dari pengelolaan secara produktif tersebut disalurkan kepada anak yatim piatu, fakir miskin dan lain-lain. Dengan seperti itu wakaf uang tersebut telah dikelola dan dikembangkan tanpa merubah nilai pokoknya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka hendaknya pihak BMT harus mensosialisasikan lagi tentang wakaf uang agar masyarakat semakin banyak yang tertarik untuk menyisihkan rezekinya dengan berwakaf uang dan meningkatkan lagi pengelolaan wakaf uang secara produktif maupun non-produktif, supaya lebih banyak lagi masyarakat yang merasakan manfaat dari wakaf uang tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Anialin.rachma@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Wakaf
Uncontrolled Keywords: Wakaf uang; dana abadi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rachmawati Ani
Date Deposited: 02 May 2017 04:24
Last Modified: 25 Aug 2017 07:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16539

Actions (login required)

View Item View Item