Analisis hukum islam terhadap praktek "Lelang Undian" dalam penyewaan tanah kas Desa : Studi di Desa Sumberagung Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haryati, Haryati (2017) Analisis hukum islam terhadap praktek "Lelang Undian" dalam penyewaan tanah kas Desa : Studi di Desa Sumberagung Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktek “Lelang Undian” dalam Penyewaan Tanah Kas Desa di Desa Sumberagung Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro” penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana syarat praktek lelang undian dalam penyewaan tanah kas desa di Desa Sumberagung Kecamatan Ngraho kabupaten Bojonegoro? Bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktek lelang undian dalam penyewaan tanah kas desa di desa Sumberagung Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro?.Data penelitian ini dihimpun melalui wawanacara dan dokumentasi. kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-analisis dengan menyatakan fakta-fakta atau kenyataan di lapangan, yaitu tentang praktek lelang undian dalam penyewaan tanah kas desa dan selanjutnya akan dianalisis dari segi hukum Islam.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam penyewaan tanah kas desa dilakukan dengan cara undian yang diikuti oleh setiap KK (Kartu Keluarga) dengan perwakilan satu nama di setiap KK. Namun ketika undian sudah keluar dan keluar satu nama ada seseorang yang mengalihkan hak sewa kepada orang lain yang mau menyewa tanah kas desa tersebut dengan harga lebih tinggi dari yang sudah ditentukan oleh perangkat desa.Selanjutnya, dalam praktek penyewaan tanah kas desa di desa Sumberagung Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro, Meskipun pihak yang mendapatkan undian ada yang tidak menyewa akan tetapi dialihkan kepada orang lain dengan harga lebih tinggi hal itu juga diperbolehkan dalam Islam, dengan alasan hal itu sudah menjadi kebiasaan masyarakat dalam menyewakan barang sewaan kepadaan orang lain. Karena syariat yang tidak bertentangan diperbolehkan dalam Islam dan juga dalam transaksi tersebut meskipun harganya lebih tinggi akan tetapi kedua belah pihak sepakat dan tidak ada unsur keterpaksaan maka hal ini tidak dilarang dalam hukum Islam.Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka di sarankan kepada pihak yang mendapatkan lotre undian hendaknya ketika ingin mengalihkan hak sewa kepada orang lain, harga yang ditentukan tidak terlalu tinggi supaya tidak ada kerugian yang akan dirasakan oleh penyewa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haryati, Haryatiharyatirya12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Sewa
Keywords: Hukum islam; sewa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Haryati Haryati
Date Deposited: 02 May 2017 06:10
Last Modified: 02 May 2017 06:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16518

Actions (login required)

View Item View Item