Pendistribusian dana denda pada akad murabahah dan musharakah dalam perspektif hukum Islam: studi kasus di koperasi Jasa Keuangan Syariah al Mubarok Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sopiansyah, Pian (2017) Pendistribusian dana denda pada akad murabahah dan musharakah dalam perspektif hukum Islam: studi kasus di koperasi Jasa Keuangan Syariah al Mubarok Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang dilakukan di Jalan Kramean No.03 RT.02 RW.06 Sumorame Candi Sidoarjo. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: bagaimana praktek pendistribusian dana denda pada akad Murabahah dan Musharakah d KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo? Dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap pendistribusian dana denda pada akad Murabahah dan Musharakah (studi kasus di koperasi jasa keuangan syariah Al-Mubarok Candi Sidoarjo)? Dalam menyelesaikan skripsi ini, menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengumpulkan datanya menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan terakhir dengan telaah pustaka kemudian diolah dengan cara editing, dan organizing, serta menganalisis dengan menggunakan kaidah-kaidah dan dalil-dalil yang berkaitan dengan teknik deskriptif.Hasil penelitian di KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo ini ditemukan masalah bahwa adanya praktek pendistribusian dana denda yang tidak pada tempatnya yatu dana sosial, melainkan di jadikan dana cadangan untuk menutupi adanya resiko pembiayaan bermasalah, serta dana denda tidak ada arsip maupun pencatatan dalam buku angsuran nasabah. Jika tidak ditemukan adanya pembiayaan yang bermasalah maka barulah dana denda pada akad murabahah dan musharakah ini disalurkan ke dana sosial yang pada akhir tahun akan di distribusikan kepada mustahiq atau orang yang membutuhkan.Adapun jika dianalisis dengan hukum Islam ialah bahwa praktek pendistribusian dana denda pada akad murabahah dan musharakah di KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo terdapat unsur gharar dan ketidakadilan dalam pendistribusiannya. Praktek gharar dan ketidakadilan adalah tidak sesuai dengan aturan Islam karena tidak transparansi dan tidak menempatkan dana denda pada dana sosial sebagai pengalokasian yang benar (tidak amanah).Bagi Koperasi Jasa Keuangan Syariah Al-Mubarok Candi Sidoarjo yang berprinsip pada hukum Islam, seharusnya melakukan setiap aktivitas ekonomi yang berasas hukum Islam dengan mendistribusikan dana denda akad murabahah dan musharakah pada tempatnya yaitu dana sosial. Dengan mengedepankan asas hukum Islam di KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo secara keseluruhan maka akan terwujudnya perokomian Islam yang maju dan membawa perubahan dalam perekonomian Islam yang masih memakai sistem konvensional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sopiansyah, Piansakatagintoki212@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Murabahah
Hukum Islam > Mudharabah
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian dana denda; akad murabahah; akad musharakah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sopiansyah Pian
Date Deposited: 02 May 2017 08:33
Last Modified: 28 Aug 2017 03:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16493

Actions (login required)

View Item View Item