PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN MUHADHARAH DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS SISWA SMK NU LAMONGAN

Aziz, Abdul (2014) PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN MUHADHARAH DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILLS SISWA SMK NU LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Program pendidikan keterampilan muhadharah dalam meningkatkan Life Skill siswa SMK NU Lamongan sejauh ini berjalan cukup baik. Dalam hidup ini keahlian atau Skill sangat penting karena hal itu mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Tanpa sebuah keahlian ataupun keterampilan manusia kurang bisa atau kurang mampu dalam menghadapai problema hidup. Salah satunya keahlian dalam berbicara didepan umum. Dari latar belakang tersebut maka penulis tertarik mengadakan penelitian tentang pendidikan keterampilan muhadharah dalam meningkatkan Life Skill siswa, dengan rumusan masalah sebagai berikut :
Bagaimana pelaksanaan program pendidikan keterampilan muhadharah di SMK NU Lamongan? Apakah program pendidikan keterampilan muhadharah dapat meningkatkan Life Skills siswa SMK NU Lamongan? Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan life skill siswa melalui Program Pendidikan keterampilan muhadharah di SMK NU Lamongan?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Diskriptif kualitatif, karena dengan pendekatan ini penulis bisa memadukan antara fakta dan data untuk menggambarkan aktivitas pelaksanaan kegiatan keterampilan muhadharah di SMK NU Lamongan yang pada selanjutnya bisa menjawab dan menjelaskan rumusan masalah yang di atas.
Dalam pelaksanaan peningkatan life skill siswa muhadharah terlebih dahulu siswa dikenalkan dengan berbagai macam teori dan teknik, dan juga dilakukan langkah-langkah pendidikan keterampilan muhadharah, Dalam hal ini, pihak sekolah lebih menekankan dan fokus pada sebuah keahlian. Dari pelaksanaan tersebut Life Skills siswa dapat meningkat dengan ditandai beberapa indikator,yakni siswa mampu belajar mandiri,menciptakan lapangan kerja sendiri, serta prestasi siswa yang meningkat dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Faktor penghambat dalam program ini yakni motivasi belajar siswa kurang, lemahnya bakat siswa, lemahnya motivasi orang tua,walikelas dan terbatasnya guru bina. Sedangkan faktor pendukungnya adalah motivasi guru, dukungan kepala sekolah, dukungan pemerintah dan adanya factor peluang di tempat tinggal mereka.
Dengan bekal kecakapan hidup atau life skill yang diperoleh siswa dari sekolah, siswa bisa memperbaiki kualitas hidupnya, karena rata-rata peserta didik atau siswa di SMK NU Lamongan ini adalah anak orang yang kurang mampu dari segi ekonomi jadi membentuk anak yang memiliki bakat dan kreativitas dalam hidupnya adalah menjadi prioritas utama sekolah.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Fauti Subhan
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keterampilan; Muhadharah; Life Skill
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2015 01:54
Last Modified: 09 Apr 2015 01:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item View Item