Jessica dalam bingkai media online: analisis framing pendekatan Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada viva.co.id dan kompas.com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Riska Kurnia (2017) Jessica dalam bingkai media online: analisis framing pendekatan Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada viva.co.id dan kompas.com. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana media online Viva.co.id dan Kompas.com dalam membingkai berita tentang Jessica pada edisi Februari-Oktober 2016. Metode yang digunakan adalah analisis framing pendekatan Zhongdang Pan dan Gerald M. Koisicki melalui empat struktur. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan memahami dari keempat struktur tersebut dan menganalisa tentang Jessica. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis framing pendektan Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki adalah bagaimana struktur sintaksis (judul, lead, latar informasi, kutipan sumber, penutup), struktur skrip (5W + 1H), struktur tematik (paragraf, proposisi, kalimat, hubungan antar kalimat), struktur retoris (kata, idiom, gambar/foto, grafik). Hasil temuan yang didapat adalah struktur sintaksisnya memuat judul dan lead berita dan menyusunnya ke dalam skema berita berdasarkan latar informasi, kutipan sumber yang mendukung tercapainya pemahaman. Dari struktur skrip, Viva.co.id Unsur kelengkapan berita adanya 5W + 1H. Viva.co.id kurang memperhatikan kelengkapan berita. Seharusnya sebagai artikel berita menyertakan informasi tambahan sebagai keterangan dalam melengkapi penulisan berita. Berbeda rupanya dengan Kompas.com telah menerapkan prinsip kelengkapan berita dalam menuliskan artikel-artikelnya melalui menuliskan pemberitaan tentang kasus Jessica ini. Dari struktur tematik Viva.co.id lebih banyak mengambil kutipan sumber pernyataan dari satu pihak untuk kelengkapan berita, berbeda dengan Kompas.com yang lebih banyak mengambil kutipan sumber lebih dari satu sumber pernyataan. Dari retorisnya, memberi Viva.co.id dan Kompas.com sama-sama memberi penekanan kata dan gambar pada peristiwa yang diberikan dalam bentuk foto, akan tetapi Viva.co.id dari beberapa pemberitaan penekanan gambar pada foto tidak sesuai dengan tema.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Riska Kurniahayriskakurnia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Keywords: Jessica; media online; Framing; pendekatan Zhongdang Pan; Gerald M. Kosicki
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sari Riska Kurnia
Date Deposited: 03 May 2017 03:50
Last Modified: 03 May 2017 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16452

Actions (login required)

View Item View Item