Peranan guru Baca Tulis al Qur'an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al Qur'an siswa di Madrasah Tsanawiyah Unggulan al Jadid Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Umi (2017) Peranan guru Baca Tulis al Qur'an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al Qur'an siswa di Madrasah Tsanawiyah Unggulan al Jadid Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi maraknya remaja sekarang yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang sangat minim dan bahkan belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik. Jika dilihat dari sumber belajar yang ada, seharusnya siswa pada zaman sekarang lebih mudah belajar. Karena tidak hanya mengandalkan guru sebagai media ajar. Tapi banyak teknologi yang bisa digunakan untuk belajar tapi disalah fungsikan oleh para siswa. Sebenarnya para siswa ini sudah mempunyai kemampuan dasar dalam membaca Al-Qur’an yakni, mereka sudah dapat mengenali huruf-huruf yang ada dalam Al-Qur’an. tapi untuk pengembangan kemampuan mereka inilah yang menjadi masalah. Semakin mereka tumbuh bukan semakin giat untuk membaca Al-Qur’an, tapi semakin mereka tumbuh besar semakin lupa dengan Al-qur’an. inilah fenomena yang terjadi untuk sebagian besar siswa. Maka untuk itu, peranan guru di sekolah, khususnya guru BTQ sangat diperlukan untuk menumbuh kembangkan kembali kebiasaan untuk membaca al-qur’an pada siswa yang sempat hilang. Dalam hal ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa dan bagaimana peranan guru BTQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Jadid Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dimana menggunakan kajian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Dalam pembahasan hasil penelitian, penulis menggunakan analisis data deskriptif sebagai metode dalam memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa yang sangat beragam. Dimulai dari hanya mengenal huruf hijaiyah sampai kemampuan baca tulis Al-Qur’an yang sudah baik. 2) Dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa, peranan guru sangat membantu. Dimulai dari penggunaan metode mengajar sampai pemilihan tempat untuk belajar. Semua diperhatikan oleh guru agar proses yang mereka lakukan benar-benar bermakna. 3) Banyak upaya yang telah dilakukan oleh guru dalam membantu siswa dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an. tidak semua upaya tersebut berjalan sesuai harapan. Banyak faktor-faktor yang mendukung maupun yang menghambat. Semangat dan kemauan untuk belajar dari siswa menjadi faktor pendukung utama, sedangkan alokasi waktu belajar merupakan salah satu penghambat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Umiumminadhifah02@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Uncontrolled Keywords: Peranan guru; kemampuan membaca al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadhifah Umi
Date Deposited: 28 Apr 2017 06:32
Last Modified: 22 Aug 2017 03:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16373

Actions (login required)

View Item View Item