Pengaruh membaca al Qur'an (sebelum pembelajaran) terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMAN 1 Giri Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solichah, Eva Mawaddatus (2017) Pengaruh membaca al Qur'an (sebelum pembelajaran) terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMAN 1 Giri Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Siswa yang memasuki usia remaja akan mengalami peningkatan reaktivitas emosional sehingga tidak jarang menimbulkan pelanggaran terhadap norma-norma agama dan sosial. Maka dari itu perlu adanya keseimbangan antara IQ, EQ, SQ dijaman serba modern orang tua dan pendidik juga harus mengedepankan SQ siswa dalam membentuk pribadi siswa yang unggul.Islam memiliki cara tersendiri dalam menanggulanginya salah satunya adalah dengan pembiasaan membaca Al-Qur’an. Dengan Membaca Al-Qur’an terus-menerus setiap hari akan menimbulkan kecintaan kita kepada sang ilahi dan akan mendorong perilaku siswa dalam kebaikan. Oleh karena itulah, penulis melakukan penelitian tentang Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa. yang dalam hal ini dilakukan di SMAN 1 Giri Banyuwnagi. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana pembiasaan membaca Al-Qur’an, bagaimana kecerdasan spiritual siswa, serta bagaimana pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMAN 1 Giri Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistic regresi linier sederhana. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulsi gunakan adalah 1) Interview, 2) Observasi, 3) Dokumentasi, 4) Angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an di SMAN 1 Giri Banyuwnagi cukup baik dalam sisi tejnis pelaksanaannya, namun kurang baik dalam hal implementasinya pada individu siswa. Hasil angket menunjukan bahwa pembiasaan membaca Al-Qur’an sebesar 52,47%. Sedangkan Kecerdasan spiritual siswa tergolong baik , hal ini bisa dilihat dari prosentase angket sebesar 50,66%. Hasil lain menunjukan terdapat hubungan antara pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa. Dan korelasi variabel pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMAN 1Giri Banyuwangi diperoleh 51, 122% dan sisanya 48,88% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti latar belakang siswa, keluarga, lingkungan masyarakat, dan sosial siswa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solichah, Eva Mawaddatusevamawaddatus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Solichah Eva Mawaddatus
Date Deposited: 28 Apr 2017 03:31
Last Modified: 28 Apr 2017 03:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16334

Actions (login required)

View Item View Item