Studi komparasi antara Strategi Problem Solving dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri pada tingkat pemahaman siswa tentang mata pelajaran Fiqih di MTs. al Fatich Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriyah, Aminatus (2017) Studi komparasi antara Strategi Problem Solving dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri pada tingkat pemahaman siswa tentang mata pelajaran Fiqih di MTs. al Fatich Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Strategi dan Metode pembelajaran merupakan instrumen penting dalam proses pembelajaran yang memiliki nilai teoritis dan praktis. Beberapa tahun silam, metode pembelajaran yang mendominasi dalam dunia pendidikan adalah metode ceramah, dimana guru menjadi pusat pembelajaran. Namun seiring berkembangnya dunia pendidikan, beberapa tokoh pendidikan mengkritisi keefektifan penggunaan metode ceramah karena dinilai membosankan, monoton dan siswa cenderung pasif ketika pembelajaran berlangsung. Adanya kritikan terkait metode ceramah yang cenderung membosankan juga dibarengi dengan munculnya metode-metode pembelajaran yang variatif, kreatif, dan inovatif, diantaranya yaitu strategi problem solving dan strategi pembelajaran inkuiri yang menjadikan guru sebagai fasilitator sedang siswa menjadi pusat pembelajaran (student centered). Diantara tolak ukur keberhasilan suatu pembelajaran adalah sejauh mana pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara, observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Tingkat pemahaman siswa tentang mata pelajaran fiqih yang disampaikan dengan menggunakan strategi problem solving di MTs. Al-Fatich Benowo Surabaya tergolong cukup baik. Karena dilihat dari hasil prosentasenya mencapai angka 37,037%. 2) Tingkat pemahaman siswa tentang mata pelajaran fiqih yang disampaikan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri di Mts. Al-Fatich Benowo Surabaya tergolong cukup baik. Karena dilihat dari hasil prosentasenya mencapai angka 44,44%. 3) Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dan dibuktikan dengan teknik analisis independent sample t test, diperoleh hasil thitung > ttabel (2,965 > 2,0067) dan signifikansi 0,005 < 0,05 yang berarti H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi problem solving dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi inkuiri. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pembelajaran inkuiri dapat lebih meningkatkan pemahaman siswa dibandingkan dengan strategi problem solving.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriyah, Aminatusaminatuszz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ZUHRIYAH AMINATUS
Date Deposited: 28 Apr 2017 08:27
Last Modified: 28 Apr 2017 08:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16326

Actions (login required)

View Item View Item