Studi komparasi prestasi belajar al-qur'an hadis siswa antara strategi pembelajaran guided note taking dan concept mapping di MTs Unggulan Al-Jadid Waru Sidoarjo

Khumairo, Sitti (2017) Studi komparasi prestasi belajar al-qur'an hadis siswa antara strategi pembelajaran guided note taking dan concept mapping di MTs Unggulan Al-Jadid Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan tidak dapat dilepaskan dari proses pembelajaran yang sedang berlangsung, yang di dalamnya meliputi beberapa komponen yang saling terkait. Komponen tersebut adalah guru, siswa, materi, media dan metode. Dalam proses pembelajaran seorang guru dituntut untuk dapat menciptakan dan menggunakan berbagai macam strategi dan metode, agar pembelajaran tidak membosankan bagi siswa. Salah satu strategi yang efektif untuk mengaktifkan siswa adalah Guided Note Taking. Strategi Guided Note Taking adalah suatu strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan cara guru menyiapkan bagan/skema atau yang lain yang dapat membantu siswa dalam membuat catatan-catatan sesuai materi yang telah disampaikan. Selain itu, strategi yang lain yang dapat mengaktifkan siswa adalah Concept Mapping. Strategi ini merupakan suatu strategi yang menggerakkan peserta didik dalam mengembangkan pemikirannya dengan menggambarkan ke dalam peta konsep. Dalam hal ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana penerapan strategi Guided Note Taking, bagaimana penerapan Concept Mapping, bagaimaana prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa dan adakah perbedaan prestasi belajar antara penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dan Concept Mapping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara empiris perbedaan prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking dan Concept Mappjng di MTs Unggulan Al-Jadid Waru. Penelitian ini menggunakan studi komparasi atau perbandingan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dokumen, dan angket. Analisis data untuk uji hipotesis digunakan rumus Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian ini, yaitu : 1) Penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking di MTs Unggulan Al-Jadid adalah baik. 2) Penerapan strategi pembelajaran Concept Mapping di MTs Unggulan Al-Jadid adalah cukup baik 3) Prestasi belajar siswa kelas mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MTs. Unggulan Al-Jadid tergolong baik. Dari segi hasil belajar maupun hasil raport. 4) Berdasarkan analisis data diperoleh hasil t hitung = -2,25 ≤ t tabel = 2,021 maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa antara strategi pembelajaran Guided Note Taking dan Concept Mapping di MTs Unggulan Al-Jadid Waru Sidoarjo”.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khumairo Sitti
Date Deposited: 28 Apr 2017 03:38
Last Modified: 28 Apr 2017 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16321

Actions (login required)

View Item View Item