Penerapan media Peta Konsep untuk meningkatkan kemampuan mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia mata pelajaran IPS kelas V MI Bina Bangsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriani, Ulvia (2017) Penerapan media Peta Konsep untuk meningkatkan kemampuan mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia mata pelajaran IPS kelas V MI Bina Bangsa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah kurangnya siswa dalam kemampuan mengenal pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia, dimana hal tersebut mengakibatkan perolehan nilai siswa pada mata pelajaran IIPS khususnya materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia juga kurang. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari total siswa 23 anak, siswa yang mampu mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia adalah 10 siswa dan 13 siswa lainnya belum mampu.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan media peta konsep dalam meningkatkan kemampuan mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indoensia mata pelajaran IPS kelas V MI Bina Bangsa Surabaya. (2) Untuk Mengetahui penerapan media peta konsep dalammeningkatkan kemampuan mengenal jenis-jenis usaha dan gegiatan ekonomi di Indonesia pada mata petalajaran IPS kelas V MI Bina Bangsa Surabaya dengan menggunakan media peta konsep. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah berbentuk penelitian tindakan kelas, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahap. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Adapun analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Adapuan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan dengan: (1) Penerapan media peta konsep dalam meningkatkan kemampuan mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia mata pelajaran IPS kelas V sudah mengalami peningkatan. Hal tersebut terbutkti dari hasil siklus I aktivitas guru memperoleh nilai 79,16 dan pada siklus II meningkat menjadi 91,66. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 77,27 dan pada siklus II meningkat dengan perolehan nilai 86,36. (2) peningkatan kemampuan mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada mata pelajaran IPS kelas V MI Bina Bangsa Surabaya juga mengalami peningkatan, dimana prosentase nilai siswa pada siklus I sebesar 73,91% dengan perolehan rata-rata 77,63, kemudian pada siklua II meningkat menjadi 90,30% dengan rata-rata 85,32. Adapuan perolehan termasuk dari kategori sangat baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriani, Ulviaulvii559@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indriani Ulvia
Date Deposited: 28 Apr 2017 06:35
Last Modified: 28 Apr 2017 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16316

Actions (login required)

View Item View Item