Model kurikulum madrasah diniyah: telaah terhadap pengembangan kurikulum Madrasah Diniyah Manba'ul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutamakkin, Nur (2017) Model kurikulum madrasah diniyah: telaah terhadap pengembangan kurikulum Madrasah Diniyah Manba'ul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Madrasah Diniyah sebagai salah satu pilar pendidikan Islam di Indonesia mempunyai peran yang sangat besar dalam ikut mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Tujuan madrasah diniyah untuk mencetak generasi yang beriman dan bertaqwa, berakhlakul karimah serta membekali santri-santri dengan pengetahuan agama yang kuat semakin menemukan momentumnya di tengah-tengah terjadinya penurunan moral anak bangsa.
Menghadapi perubahan kemajuan zaman yang sangat cepat, maka madrasah diniyah dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan lembaga pendidikan tersebut melalui kurikulumnya. Beberapa komponen kurikulum yang menjadi obyek dari pengembangan tersebut adalah, tujuan, isi, metode dan evaluasi.
Penelitian ini berusaha mengungkap model kurikulum Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Manba’ul Hikam sebagai bentuk pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh madrasah tersebut. Metode penelitian yang diterapkan oleh penulis menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Dari penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Manba’ul Hikam sudah dilakukan oleh pihak penyelenggara dan pengelola madrasah sejak awal berdirinya sampai sekarang. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan madrasah yang independen, tidak di bawah pembinaan kementerian agama sehingga bebas untuk membuat kurikulum sendiri. Dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum terdapat beberapa faktor yang menjadi hambatan antara lain meliputi : gaya kepemimpinan, SDM asatidz, kedisipilinan, kemampuan santri dan sarana prasarana.
Usaha untuk mengatasi hambatan dalam pengembangan kurikulum tersebut: Membangun komunikasi yang baik dengan pimpinan madrasah, mengikutkan pelatihan-pelatihan kepada asatidz, menggunakan absensi yang lebih ketat, mengadakan seleksi penerimaan siswa baru lebih tepat, dan menjalin kerja sama dengan donatur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutamakkin, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Madrasah Diniyah; pengembangan kurikulum; Kurikulum Madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutamakkin Nur
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:57
Last Modified: 28 Apr 2017 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16310

Actions (login required)

View Item View Item