Penerapan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) untuk meningkatkan kemampuan memahami isi cerita anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas III MINU Wedoro Waru Sidoarjo

Istika, Linda Yudha (2017) Penerapan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) untuk meningkatkan kemampuan memahami isi cerita anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas III MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi cerita anak. Untuk itu peneliti mengambil tindakan pembelajaran dengan menerapkan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity).Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dalam meningkatkan kemampuan memahami isi cerita anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MINU Wedoro Waru Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami isi cerita anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) di kelas III MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MINU Wedoro dangan jumlah siswa 32. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dokumentasi dan Tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Penerapan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dalam meningkatkan kemampuan memahami isi cerita anak dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa pada saa pembelajaran. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 83 dan pada siklus II meningkat menjadi 93. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 72,5, sedangkan siklus II meningkat menjadi 90. (2) Peningkatan kemampuan memahami isi cerita anak setelah menggunakan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu dilihat dari hasil rata-rata dan ketuntasan belajar siswa. Untuk siklus I rata-rata siswa memperoleh nilai 68,28 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,51. Sedangkan ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkat pada siklus I memperoleh prosentase sebesar 65,62% (cukup) dan pada siklus II memperoleh prosentase sebesar 87% (sangat baik). Julah siswa di kelas III sebanyak 32 siswa. Untuk siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 21 siswa dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 28 siswa.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nadlir, Nadlir
Uncontrolled Keywords: Strategi DRTA; Directed Reading Thinking Activity; cerita anak; Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Istika Linda Yudha
Date Deposited: 27 Apr 2017 06:31
Last Modified: 21 Aug 2017 07:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16258

Actions (login required)

View Item View Item