Korelasi Sinergis Pendidik dengan Orang Tua Peserta Didik dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo

Salim, Musta'in (2017) Korelasi Sinergis Pendidik dengan Orang Tua Peserta Didik dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimana sinergis antara pendidik dengan orang tua peserta didik? (2) Bagaimana karakter siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo? (3) Apakah ada korelasi sinergis Pendidik dengan Orang tua Peserta didik dalam pembentukan Karakter Siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo ? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah degradasi karakter moral dalam generasi bangsa dari zaman-kezaman yang semakin menurun. Thomas Lickona, berpendapat bahwa tanda-tanda bangsa yang sedang menuju jurang kehancuran ada 10, yakni: (1) meningkatnya kekerasan dikalangan remaja, (2) Pengunaan bahasa dan kata-kata yang memburuk, (3) pengaruh Peer – group yang kuat dalam tindakan kekerasan, (4) meningkatnya perilaku merusak diri, seperti penggunaan narkoba, alkohol dan sex bebas, (5) Semakin kaburnya pedamon moral baik dan buruk, (6) Menurunnya Etos kerja, (7) Semakin rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, (8) Rendahnya rasa tangung jawab individu dan warga negara, (9) Membudayanya ketidak jujuran, dan (10) Adanya rasa saling curiga dan kebencian diantara sesama. Thomas Lickona (1991), juga mendefinisakan bahwa orang yang berkarakter sebagai sifat alamai seseorang dalam merespon situasi secara bermoral, yang di manifestasikan dalam tindakannyata melalui tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati orang lain dan karakter mulia lainnya. Dengan demikian pendidik harus melakukan suatu kerjasama antara pendidik dengan orang tua peserta didik dalam hal pembentukan karakter yang semestinya. Setelah kerjasama ini terjalin, selanjutnya apa-apa yang pelu dilakukan dapat dirancang bersama orang tua peserta didik agar pendidik mudah mengetahu psokolgi peserta didik yang sebenarnya. Pokok kerjasama orang tua dan pendidik dalam pembentukan karakter ini sangat penting terutama bagi orang tua itu sendiri karena menyangkut masadepan seorang anak itu sendiri. Data-data penelitian ini dihimpun dari Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena menggunakan dua variabel X (X1 dan X2) dan satu variable Y. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus Berdasarkan Hasil analisis penghitungan data lapangan, bahwa Besar Hubungan 0,681 dan masuk dalam Interval koefisien 0,60 – 0,799 dengan tingkat hubungan yang kuat. Berpengaruh atau tidaknya berbandingan antara R hitung dengan R tabel yakni Rh = 0,681 > R tabel dengan taraf signifikan 0, 681 > 0, 279 = taraf kesalahan 5 %, juga ,681 > 0,361 = taraf siknifikan 1 %.. Artinya dengan demikian Ha diterima karena r hitung > r tabel bila dibandingkan dengan taraf signifikas 0, 681 > 0, 279 = taraf kesalahan 5 %, juga ,681 > 0,361 = taraf siknifikan 1 %, maka Hipotesis penelitian ada pengaruh dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan pengaruh yang kuat dengan interval koefisien 0,60 – 0,766 yang berpatokan pada tabel 4.70 Interpretasi terhadap koefisien korelasi, sedangkan kontribusi atau sumbangan secara simultan pada variabel X1 dan X2 kepada Y 46, 4 = R Square. Sedangkan 53,6 di pengaruhi oleh variabel yang lain. Dan hasil dari Uji F Ha diterima karena Fh > Ft, Dengan taraf kesalahan 5 % ditemukan F tabel 5, 10. Sedangkan F hitung 20, 32. Maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak karena Fh 20, 32 > F tabel 5, 10

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Masalah sosial
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Orang tua dan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salim Mustain
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:38
Last Modified: 27 Apr 2017 04:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16245

Actions (login required)

View Item View Item