Peningkatan pemahaman matematika dan kemampuan komunikasi matematika melalui pembelajaran dengan pendekatan Metaphorical Thinking

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotip, Miftahul Jannah (2017) Peningkatan pemahaman matematika dan kemampuan komunikasi matematika melalui pembelajaran dengan pendekatan Metaphorical Thinking. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pencapaian dan peningkatan pemahaman matematika dan kemampuan komunikasi matematika sebagai akibat dari pembelajaran matematika dengan pendekatan metaphorical thinking. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balen Bojonegoro tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-d yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes kemampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (postest) pemahaman matematika dan kemampuan komunikasi matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired t test dan Pearson’s Correlation Product moment. Uji paired t test ini digunakan untuk menguji peningkatan pemahaman matematika dan kemampuan komunikasi matematika sebelum dan sesudah pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking sedangkan Pearson’s Correlation Product moment digunakan untuk menguji hubungan antara pemahaman matematika dan kemampuan komunikasi matematika. Pengolahan data hasil analisis diperoleh dengan menggunakan progam komputer microsoft excel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada peningkatan pemahaman matematika setelah melalui pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking karena pada saat di lakukan pengujian dengan uji paired t test diperoleh t_(tabel )= -1,6955 > t_hitung= -3,244; (2) ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika setelah melalui pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking karena pada saat di lakukan pengujian dengan uji paired t test diperoleh t_(tabel )= -1,6955 > t_hitung= -2,796; (3) terdapat hubungan antara pemahaman matematika dan kemampuan komunikasi matematika siswa baik tes kemampuan awal maupun tes kemampuan akhir setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan uji Pearson’s Correlation Product moment diperoleh t_hitung= 2,4928 > t_(tabel )= 2,042.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotip, Miftahul Jannahmifta.khotip@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Matematika Realistik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khotip Miftahul Jannah
Date Deposited: 26 Apr 2017 06:07
Last Modified: 26 Apr 2017 06:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16208

Actions (login required)

View Item View Item