العواطف الأدبية في قصة إبراهيم عليه السلام في القرآن الكريم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hardianata, Dicky (2017) العواطف الأدبية في قصة إبراهيم عليه السلام في القرآن الكريم. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Dalam kajian sastra, khususnya sastra arab ‘Athifah merupakan salah satu unsur dalam sastra yang juga termasuk bagian dari unsur intinsik yaitu unsur membangun sebuah karya sastra dan menjadikannya memiliki keindahan baik dari segi emosi ang ditampilkan dalam watak parah tokoh maupun settingnya. Dalam skripsi ini penulis meneliti tentang emosi yang terdapat pada kisah nabi Ibrahim as. yang terdapat dalam Al-Qur’an. Penulis menfokuskan permasalahan dalam penelitian ini menjadi 1. Ayat berapakah yang mengandung emosi-emosi sastra pada kisah Nabi Ibrahim as? 2. Bagaimana deskripsi emosi-emosi sastra pada kisah nabi Ibrahim as dalam Al-Qur’an?. Kisah nabi Ibrahim as seperti dengan kisah nabi-nabi yang lain yang diceritakan oleh Allah Swt. dalam beberapa surat, kisah dalam Al-Qur’an tersebut menceritakan tentang perjalanan nabi Ibrahim mulai dari dakwahnya kepada ayah atua pamanya, kemudian beliau lanjutkan kepada kaumnya. Beliau Hijrah ke mekkah dengan perintah Allah Swt..banyak fenomena kenabian yang terjadi pada waktu itu, mulai dari munculnya air zam-zam oleh nabi Ismail as, pembangungan ka’bah sampai perintah penyembelihan nabi Isma’il as dan kelahiran nabi Ishaq as. Kisah ini dikemas dengan bahasa dan setting yang indah, banyak ditemukan emosi dalam setting maupun perwatakannya. dalam sastra emosi, menurut Ahmad Syayib dibagi menjadi 2. 1) emosi Asy-Syakhsiyah (emosi yang tidak muncul secara alami dari tuhan tetapi dapat diusahakan dan berkesinambungan) yaitu emosi yang dirasakan oleh tokoh dalam cerita meliputi bahagia, belas kasihan, cinta. 2) emosi Alimah (emosi negatif dalam merasakan sesuatu, tetapi hal itu membuat tokoh berubah menjadi lebih baik), meliputi: ketakutan, berani dan marah. Walaupun dalam ilmu psikologi sastra terdapat banyak macam emosi-emosi sastra pada teorinya. Dalam menganalisa data penulis terlebih dahulu mengumpulkan data-data yang bersumber dari Al-Qur’an, literatur dan teks-teks yang berkaitan dengan permasalahan. Untuk memahami data yang terkumpul penulis menganalisis secara induktif kemudian dikaji secara analisis deskriptif untuk menunjukkan permasalahan yang dimaksud. Hasil penelitian dan analisis penulis, maka penulis dapat menyimpulkan macam-macam emosi yang terdapat pada kisah nabi Ibrahim as dalam al-Qur’an adalah : takut, sedih, marah, bahagia, pujian dan pengharapan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hardianata, Dickydickyhardianata1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hardianata Dicky
Date Deposited: 26 Apr 2017 01:39
Last Modified: 26 Apr 2017 01:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16187

Actions (login required)

View Item View Item