Peningkatan keterampilan membaca teks percakapan mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode Modeling The Way siswa kelas V A MI Badrussalam Surabaya

Mufarridah, Nafilatul (2017) Peningkatan keterampilan membaca teks percakapan mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode Modeling The Way siswa kelas V A MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca teks percakapan siswa kelas VA MI Badrussalam Surabaya. Faktanya masih banyak siswa yang belum terampil dalam membaca teks percakapan sesuai intonasi yang tepat. Oleh karena itu sangat perlu diterapkan metode yang dinilai dapat meningkatkan keterampilan membaca teks percakapan yaitu, metode modeling the way. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan metode modeling the way pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks percakapan kelas VA MI Badrussalam Surabaya. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan membaca teks percakapan mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VA MI Badrussalam Surabaya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, sedangkan model PTK yang digunakan adalah model Kurt Lewin, dimana dalam satu siklus terdapat empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan non tes (performance). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode modeling the way dapat dilaksanakan dengan baik melalui perbaikan pada tiap siklus. Hal ini dapat diketahui dari pembuktian pada aktivitas yang dilakukan oleh guru dan siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil aktivitas guru pada siklus I yaitu 91 (sangat baik) meningkat menjadi 99,2 (sangat baik) pada siklus II. Begitu pula aktivitas siswa pada siklus I yaitu 88,5 (baik) meningkat menjadi 98,9 pada siklus II. (2) Peningkatan keterampilan membaca teks percakapan siswa dengan metode modeling the way dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus yaitu sebesar 63,7 (rendah), pada siklus I meningkat menjadi 78,4 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 89,8 (baik). Dapat dilihat juga pada peningkatan prosentase kelas pada pra siklus sebesar 20,6 %, pada siklus I meningkat menjadi 75,86 %, pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,2 %.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: eningkatan Keterampilan; Membaca; Modeling The Way
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufarridah Nafilatul
Date Deposited: 26 Apr 2017 04:13
Last Modified: 26 Apr 2017 04:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16176

Actions (login required)

View Item View Item