Hubungan keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrullah, Moh. Fahmi (2017) Hubungan keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan indikator penilaian keberhasilan siswa dalam proses belajar. Siswa yang memiliki prestasi belajar yang baik berarti telah menjalani proses belajar yang baik. Sementara itu, prestasi belajar memiliki hubungan yang erat dengan beberapa faktor yang berpengaruh terhadapnya. Faktor-faktor ini terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal yang mewakili faktor yang berasal dari dalam diri siswa. Yang kedua yaitu faktor eksternal yang mewakili faktor-faktor yang berasal dari luar diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara: (1) keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dengan prestasi belajar matematika, (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, (3) keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dengan motivasi belajar, (4) keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengurus OSIS SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo sejumlah 30 orang siswa. Metode pengumpulan dara dalam penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi nilai rapor. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik nonparametrik, yaitu uji Spearman rank dan korkondansi rank Kendall. Spearman rank digunakan untuk menganalisis hubungan antara keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dengan prestasi belajar matematika, motivasi belajar dengan prestasi belajar, dan keaktifan siswa dalam organisasi dengan motivasi belajar. Sedangkan korkondansi rank Kendall digunakan untuk menganalisis hubungan antara keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dengan prestasi belajar matematika dengan r_s=0,574, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dengan r_s=0,687, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa dalam organisasi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dengan r_s=0,85, (4) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dengan W = 0,568.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrullah, Moh. Fahmifahmi.amrullah92@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Motivasi Belajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Amrullah Moh. Fahmi
Date Deposited: 25 Apr 2017 06:45
Last Modified: 25 Apr 2017 06:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item