Profil pemecahan masalah siswa dalam membuktikan identitas trigonometri ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumalasari, Wiwin (2017) Profil pemecahan masalah siswa dalam membuktikan identitas trigonometri ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Kepribadian merupakan reaksi yang diberikan seseorang pada orang lain yang diperoleh dari apa yang dipikirkan, dirasakan dan diperbuat yang terungkap melalui perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Apabila reaksi tersebut terus menerus ditunjukkan dapat menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan yang ada pada diri seseorang akan mempengaruhi bagaimana seseorang bersikap dan mengambil keputusan dalam bertindak. Kebiasaan dan sikap dalam mengambil keputusan maupun bertindak sangat mempengaruhi proses berpikir siswa. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran terperinci mengenai proses pemecahan masalah siswa dalam membuktikan identitas trigonometri ditinjau dari perbedaan tipe kepribadian extrovert dan introvert.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa, masing-masing 2 siswa yang memiliki tipe kepribadian extrovert dan 2 siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert. Subjek dipilih dari hasil angket tipe kepribadian untuk menentukan tipe kepribadian siswa dan hasil raport siswa untuk menentukan kemampuan matematis yang setara. Data penelitian diperoleh dari hasil 2 tes pembuktian identitas trigonometri (TIT) yang diperdalam dengan wawancara. Peneliti menguji kredibilitas dan kevalidan data menggunakan triangulasi metode. Hasil TIT dianalisis berdasarkan indikator tahap pemecahan masalah menurut Polya dan hasil wawancara dianalisis berdasarkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek extrovert dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melaksanakan penyelesaian, subjek extrovert sudah sesuai/memenuhi indikator pemecahan masalah menurut Polya. Akan tetapi pada tahap memeriksa kembali subjek extrovert tidak memeriksa kembali hasil pengerjaannya, sehingga pada tahap ini subjek extrovert belum memenuhi indikator pemecahan masalah menurut Polya. Sedangkan subjek introvert dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melaksanakan penyelesaian, memeriksa kembali subjek introvert sudah sesuai/memenuhi indikator pemecahan masalah menurut Polya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumalasari, Wiwinzeamath@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kumalasari Wiwin
Date Deposited: 25 Apr 2017 08:10
Last Modified: 25 Apr 2017 08:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16170

Actions (login required)

View Item View Item