AL-AB’AD AL-RUHANIYYAH FI WASHIYYAT LUQMAN AL-HAKIM FI SURAH LUQMAN : DIRASAH ADABIYYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmi, Irfan (2014) AL-AB’AD AL-RUHANIYYAH FI WASHIYYAT LUQMAN AL-HAKIM FI SURAH LUQMAN : DIRASAH ADABIYYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar Isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Lukman A1 Hakim dikenal sebagai ahli hikmah. Allah SWT mengabadikan namanya dalam swat Lukman dalam A1 Quran. Wasiat Lukman kepada anaknya menjadi sorotan utama atas gelar "Al Hakim" yang disandangnya. Wasiat Lukman samahalnya dengan wasiat Nabi Ibrahim, Nuh, dan Muhammad SAW. Berorientasi pada Islam, bijak, dan jelas pemaparannya. Hal ini memikat penulis untuk mengkaji wasiat Lukman dari sudut pandang sastra, karena wasiat sendiri adalah topik pembahasan sastra jahiliyah. Penulis mengupas wasiat Lukman A1 Hakim secara tuntas guna mengetahui dimensi spiritualitas.
Hingga, penulis dapat mengetahui dimensi spiritualitas dalam wasiat Lukman yang termaktub dalam Swat Lukman. Wasiat dapat diartikan nasihat. Wasiat adalah ungkapan yang mempunyai makna mengajak atau memerintah. Tema wasiat diantaranya keagamaan, harta, juga bisa politik. Bentuknya bisa bempa ucapan dan tulisan. Setiap wasiat mengandung spirit. Spiritualitas adalah kepercayaan dan keterikatan kepada hal ghaib sebagai anutan dan penuntun hidup serta penerang jiwa. Spritulatas
memiliki dimensi. Dimensi adalah ruang, alat ukw atau bentuk. Maka dimensi spiritualitas wasiat lukman dalam Surat Lukman adalah bentuk spiritual wasiat Lukman A1 Hakim dalam Surat Lukman.
Penelitan penulis tentang "Dimensi Spiritualitas Wasiat Lukman Al Hakim dalam Surat Lukman" mengkaji itu semua dengan metode penelitian kualitatif; deskriptif. Menggunakan tehnik penelitian pustaka, analisis isi, analisis wacana, serta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan "Bagaimana dimensi spiritualitas wasiat Lukam A1 Hakim dalam surat Lukman?" Pada akhirnya penulis dapat
mengetahui dimensi spiritualitas wasiat Lukman Al Hakim dalam surat Lukman.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, wasiat Lukman A1 Hakim syarat akan spiritual, terlihat dari bahasa Lukman A1 Hakim dalam wasiatnya.
Dimensi spiritualitas wasiat Lukman A1 Hakim berdasarkan penelitian penulis terbagi menjadi dua:
1. Spiritulias berdimensi fisik -hubungan dengan keluarga, masyarakat, dan dengan Allah - bertajug pada norma hidup dan hubungan dengan sang pencipta (Allah).
2.Spiritulitas berdimensi psikis - Iman, syukur, dan akan adanya Allah sebagai Tuhan semesta, serta adanya balasan akan semua perbuatansecara khusus berkaitan dengan perkara ghaib.
Dimensi spiritualitas Lukman A1 Hakim dalam swat Lukman mengajarkan kita untuk melibatkan Allah SWT dalam wusan keduniaan yang berorientasi pada keshalihan sosial dan kehidupan dikhirat, kelak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Syaikhu
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmi, IrfanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Arab
Keywords: Spiritualitas; Wasiat; Lukman Hakim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2015 03:49
Last Modified: 04 Feb 2015 03:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item