تصميم المواد النحوية للكتاب العمريطي بطريقة الاستشهاد من الآيات القرآنية بمدرسة فتاح هاشم الثانوية الإسلامية تمباك براس جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuha, Muhammad Afthon Ulin (2017) تصميم المواد النحوية للكتاب العمريطي بطريقة الاستشهاد من الآيات القرآنية بمدرسة فتاح هاشم الثانوية الإسلامية تمباك براس جومبانج. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Diantara aspek penting yang harus diperhatikan dalam pembelajaran Nahwu bagi mubtadi’in adalah penyajian materi dengan pola yang mudah, jelas, dan mudah dipahami. Memang benar terdapat beberapa buku Nahwu kontemporer yang menaruh perhatian terhadap penyajian materi, seperti memberikan beberapa model contoh sekitar miliu pembelajar atau memperbanyak penerapan kaidah dan latihan. Menurut pengamatan peneliti di lapangan terdapat beberapa Madrasah yang masih tetap menggunakan buku-buku Nahwu klasik dalam studi Nahwu. Hal ini seperti yang terjadi di MTs Fatah Hasyim yang menggunakan kitab Imrithi dalam pengajaran Nahwu bagi para siswa. Kitab ini menurut pembelajar Nahwu pemula memang membutuhkan tambahan penjelasan, rincian, dan beberapa contoh. Peneliti berpendapat bahwa kitab Imrithi yang digunakan di Madrasah tersebut membutuhkan buku bantu untuk mempermudah dalam memahami nadhom-nadhomnya, untuk tujuan ini peneliti merancang desain materi Nahwu dalam kitab Imrithi dengan cara menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai syahid dan contoh. Untuk sampai kepada tujuan tersebut peneliti menggunakan metode research and development, dan peneliti yakin bahwa buku tersebut akan membantu para pembelajar Nahwu Imrithi karena menggunakan pola yang mudah yaitu berupa tabel, dengan memberikan contoh-contoh dengan ayat Al-Qur’an, contoh-contoh i’rob, dan melengkapi setiap bab dengan beberapa latihan. Untuk mengetahui efektifitas buku bantu Nahwu ini peneliti telah melakukan uji coba dalam beberapa pertemuan di MTs Fatah Hasyim. Kesimpulannya adalah : 1) Desain materi Nahwu ini banyak membantu murid dalam pemahaman kaidah; 2) Desain materi Nahwu ini dapat mengurangi beberapa kesalahan di dalam membaca; 3) Desain materi Nahwu ini juga membantu dalam memahami makna teks baik yang dibaca ataupun yang didengar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuha, Muhammad Afthon Ulinjumbanji@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Materi Nahwu; Kitab Imrithi; Contoh Ayat-ayat Al Qur’an
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nuha Muhammad Afthon Ulin
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:52
Last Modified: 17 Apr 2017 04:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item View Item