Pemikiran Humanisme Soedjatmiko

Rakhim, Imam Khairul (1994) Pemikiran Humanisme Soedjatmiko. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SEBAGAI SSEORANG ILMUWAN Soedjatmoko mempunyai corak pemikiran yang prural, ia lebih banyak memperhatikan hal-hal yang bersifat kemanusiaan, sehingga pemikiran tersebut selalu dibawa ke forum-forum internasional.
Ide-ide yang ia gembar-gemborkan menjadi sebab pemikirannya cemerlang dikenal -oleh rekan-rekannya, sehingga ia diangkat menjadi utusan Negara Indonesia ke dalam forum perserikatan bangsa-bangsa.
Pemikiran Soedjatmoko semakin jalas arahnya sehingga semakin dipercaya, bahkan pernah mendapat gelar Honoris Causa dalam bidang "Humanis" dan gelar honoris causa yang lain, kepercayaan itu yang menambahnya semfikin populer dalam forum internasional karena melihatnya sebagai utusan negara yang baru merdeka.
Namun ia mempunyai pandangan yang jauh kedepan dengan melihat masyarakatnya. Kemudian diangkat menjadi Rektor Universitas PBB di Tokyo Dan hasil perkuliahan yang ia berikan kemudian dibukukan. Dari situ pemikirannya tidak ditujukan kepada negaranya sendiri, tetapi pandangannya terhadap negara-negara Yang sedang berkembang juga sama sebagaimana pandangannya terhadap negaranya.
Perhatian dan pemikirannya berbeda dengan Humanisme pada umumnya dan bertujuan ingin mengeren idealisme tersebut yang hanya ingin mengubah masyarakat dengan kekuatan akalnya menyadarkan terhadap Yang adikodrati.
Itulah cita-cita yang ia perjuangkan sehingga kehidupan masyarakat berubah lebih baik, tetapi baginya Tuhan adalah penentu terakhir atau manusia Yang berusaha selebihnya diserahkan kepada pencipta (Tuhan).

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ideologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Arsip Ushuluddin
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2014 07:48
Last Modified: 30 Jan 2015 09:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item