Gerwani dalam arus kekuasaan: studi historis Gerakan Politik Gerwani dalam Lingkaran Gestok, PKI, dan Politik Global

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khuluk, Muhammad Khusnul (2017) Gerwani dalam arus kekuasaan: studi historis Gerakan Politik Gerwani dalam Lingkaran Gestok, PKI, dan Politik Global. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Gerakan politik Gerwani; (2) hubungan Gerwani dengan PKI dalam Gestok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi Gerwani dalam peristiwa Gestok, hubungannya dengan PKI, juga kaitannya dengan konstelasi politik global. Penelitian ini merupakan penelitan historis dengan pendekatan hermeneutik. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui pencarian dokumen sejarah yang terkait dengan penelitian dan menafsirkannya. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah berupa dokumen hasil kongres yang diselenggarakan Gerwani dan dokumen dari kader Gerwani serta buku-buku, majalah, dan dokumen lain yang berkaitan dan mendukung penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama, bahwa meskipun aktivitas Gerwani semakin menonjol pada sisi politik, tidak menjadikan Gerwani sebagai organisasi politik. Gerwani tetap merupakan organisasi sosial. Kedua, meskipun Gerwani cenderung dekat dengan PKI, tidak menjadikan Gerwani bagian dari PKI, karena Gerwani juga berhubungan dengan beberapa partai lain. Gerwani tetap menjadi organisasi yang independen dan tidak terikat dengan partai politik manapun. Keterlibatan yang telah dituduhkan Gerwani dalam Gestok adalah tuduhan yang tidak berdasar, karena Gerwani bukan bagian dari PKI dan tidak terlibat dalam kup mengerikan itu. Program Gerwani yang menentang imperialisme dan kolonialisme, menjadikan Gerwani salah satu organisasi yang menjadi musuh kekuatan besar pada saat itu, kapitalisme, dan masuk pusaran arus kekuasaan perang dingin. Kehancuran Gerwani tidak bisa dilepaskan dari ketegangan politik dunia ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khuluk, Muhammad Khusnulkhuluk_kk24@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ideologi Politik
Politik
Politik Internasional
Sejarah
Wanita
Nasionalisme
Uncontrolled Keywords: Gerwani; PKI; Gestok; perang dingin
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Khuluk Muhammad Khusnul
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:57
Last Modified: 17 Apr 2017 04:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15947

Actions (login required)

View Item View Item