Identitas keagamaan dalam pemilihan Kepala Desa Wonoasri Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun 2013

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmat, M. Basuki (2017) Identitas keagamaan dalam pemilihan Kepala Desa Wonoasri Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri tahun 2013. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Identitas Keagamaan dalam Pemilihan Kepala Desa Wonoasri Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun 2013. Fokus dalam penelitian ini adalah penggunaan identitas agama dalam pemilihan kepala desa. Penggunaan identitas agama dalam penelitian ini difokuskan pada kelompok agama Islam dan kelompok agama Kristen. Fokus selanjutnya dalam penelitian ini pada penggunaan identitas agama dalam kebijakan kepala desa terpilih. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang artinya penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di lapangan. Menggunakan metode kualitatif bersifat diskriptif analisis. Sehingga penyusunan penulisan bisa obyektif sistematis. Teknik pengumpulan datanya merujuk pada sumber data primer dan sekunder dengan menerapkan wawancara terstruktur serta mendalam, observasi dan dokumentasi berbentuk arsip-arsip. Sehingga dari data yang diperoleh dapat dianalisa agar penelitian ini bisa menjadi valid. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan dijabarkan secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penggunaan identitas agama dalam pemilihan kepala desa tahun 2013, dilakukan oleh masing-masing kelompok keagamaan yang ada di desa tersebut. Penggunaan identitas agama seperti kelompok agama Islam dianjurkan memilih kandidat dari Islam dan kelompok agama Kristen dianjurkan memilih kandidat yang berasal dari kristen yang mengakibatkan terjadinya gesekan antar kelompok agama, meskipun terjadi gesekan tetapi tidak sampai muncul dipermukaan. Penggunaan identitas keagamaan sedikit banyak memberikan dampak pada perolehan suara. (2) Dalam proses perumusan kebijakan kepala desa terpilih yang berasal dari agama Islam, penggunaan identitas agama sedikit banyak mewarnai kebijakan yang dikeluarkan. Pada umumnya kebijakan kepala desa sudah sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat Desa Wonoasri. Meskipun demikian secara kasat mata masih ada kebijakan yang lebih menguntungkan identitas kelompok agama Islam, seperti dalam komposisi perangkat desa yang lebih banyak diisi oleh orang-orang yang bergama Islam.
Kata kunci: Identitas agama, Pemilihan Kepala Desa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmat, M. Basukibasukinara@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik > Politik Islam
Keywords: Identitas agama; Pemilihan Kepala Desa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Rahmat M. Basuki
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:19
Last Modified: 17 Mar 2017 18:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15936

Actions (login required)

View Item View Item