KONSEP UANG KERTAS DALAM FIQIH MUAMALAH: STUDI PEMIKIRAN ATAS IMRAN NAZAR HOSEIN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfurin, Ahmad Luthfi (2016) KONSEP UANG KERTAS DALAM FIQIH MUAMALAH: STUDI PEMIKIRAN ATAS IMRAN NAZAR HOSEIN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana pandangan hukum Imran N. Hosein tentang uang kertas? Bagaimana Konstruksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemikiran Imran N. Hosein tentang uang kertas? Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research), karena meneliti pemikiran Imran N. Hosein bersumber dari buku-buku yang berkaitan dengan pandangan hukumnya tentang uang kertas. penelitian ini bersifat kualitatif. Data penelitian dihimpun dengan menggunakan teknik dokumentasi yaitu sebuah teknik pengambilan data melalui dokumen-dokumen tertulis baik sumber data primer dan sekunder. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan multidisipliner yakni: yuresprudensi hukum Islam, politik hokum, sosiologi hokum dan historis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Uang Sunnah menurut Imran N. Hosein adalah: 1. Logam berharga atau komoditas lain seperti: Emas, perak, gandum, kismis, kurma, garam, dan lain-lain, yang seusai dengan sunnah Nabi SAW, 2. Uang dengan nilai intrinsic, 3. Uang ada dalam ciptaan Allah dengan nilai yang ditentukan Allah Maha Tinggi yang menciptakan kekayaan/rezeki (uang diatur sebagai ketentuan syari’at). Uang kertas adalah uang haram dan tidak termasuk uang sunnah karena tidak memiliki nilai instrinsik dan sistem moneter internasional yang melatar belakangi berlakunya uang kertas adalah memakai praktik riba. Pendekatan yang dipakai Imran N. Hosein dalam setiap pendapatnya adalah Eskatologi Islam, Epistimologi dalam Eskatologi Islam, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pengetahuan itu sendiri dengan menggunakan penglihatan/ pengamatan/ pengkajian yang bersumber dari hati yang bisa melihat. yakni yang sepenuhnya percaya, yakin, tunduk, patuh dan takut hanya kepada Allah SWT, yang bersifat firasat spiritual. dengan Konstruksi ini Imran N. Hosein melihat uang kertas dari berbagai aspek: Sejarah, politik hukum dan sosiologi hukum sehingga ia menghukumi uang kertas haram, ia menambahkan kebijakan sistem moneter internasional dibentuk oleh aliansi Yahudi(zionis)-Nasrani dalam hal ini PBB dan orgonisasi yang ada di bawah naungannya. Berdasarkan dalil Al-Qur’an Surat Al-Maidah (5):51. Pemahaman terhadap konsep uang harus emas, berfungsi sebagai alat tukar adalah inkonsistensi, inkoherensi dan tidak koresponden dengan doktrin dan ajaran yang tidak bisa berdialog dengan zaman. Untuk itu diperlukan pemikiran baru melalui pendekatan kontekstual-substansial dengan mempertimbangkan moral-etik terhadap teks al-Qur’an dan hadis secara berkesinambungan, supaya al-Qu’an dan hadis Nabi SAW sebagai cara hidup dan teladan bagi umat manusia tidak usang oleh waktu dan keadaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfurin, Ahmad Luthfimaghfurina@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Dirasah Islamiyah
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Maghfurin Ahmad Luthfi
Date Deposited: 15 Mar 2017 06:38
Last Modified: 15 Mar 2017 06:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15929

Actions (login required)

View Item View Item