Implementasi kebijakan jaminan kesehatan masyarakat: studi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Kelurahan Bendulmerisi Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Lailatur (2017) Implementasi kebijakan jaminan kesehatan masyarakat: studi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Kelurahan Bendulmerisi Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas masalah tentang bagaimana implementasi pembayaran BPJS terkait kebijakan baru Nomor 16 Tahun 2016 di Kelurahan Bendulmerisi Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya? Kedua, Bagaimana efektivitas kebijakan baru tentang pembayaran iuran BPJS di Kelurahan Bendulmerisi Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pemilihan informan purpossive didasarkan pada subyek yang menguasai permasalahan, memiliki data dan bersedia memberikan data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data. Selanjutnya, teknik keabsahan data yang digunakan meliputi credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Penelitian ini menghasilkan 2 kesimpulan yakni, (1) Implementasi kebijakan baru Jaminan Kesehatan Masyarakat pada BPJS di Kelurahan Bendulmerisi yang telah berjalan aktif per September 2016 berjalan tidak maksimal. Peneliti menyimpulkan demikian disebabkan karena BPJS tidak melakukan sosialisasi di wilayah tersebut terkait implementasi peraturan barunya, BPJS hanya melakukan sosialisasi melalui media. Hal tersebut menyebabkan minimnya informasi yang diperoleh oleh masyarakat peserta BPJS. Sehingga pemahaman tujuan diterapkannya kebijakan peraturan baru BPJS kesehatan terkait sistem pembayaran dilapangan tidak tersampaikan dengan baik, ditunjang dengan sebagian warga yang telah merasakan kurang maksimalnya BPJS dalam memberikan pelayanan. (2) Efektivitas penerapan kebijakan baru Jaminan Kesehatan Masyarakat pada BPJS di Kelurahan Bendulmerisi juga dikatakan belum sepenuhnya berjalan efektif dalam menjalankan programnya dikarenakan kebijakan baru tersebut tidak tepat pada semua sasaran, yang dimaksud dalam hal tersebut adalah, sasaran terhadap peserta BPJS pada masyarakat kelas menengah kebawah. Sehingga program kebijakan baru ini belum berhasil dan belum berjalan efektif, karena program tidak dapat dijalankan dengan kemampuan operasional dalam melaksanakan program-program kerja yang sesuai dengan tujuan menyeluruh yang telah ditetapkan sebelumnya, secara komperehensif. Disamping itu tidak adanya evaluasi berkelanjutan dari sebuah kebijakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Lailaturochi.aida@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Politik > Politik Islam
Keywords: Efektivitas; Kebijakan; Peraturan Baru Sistem Pembayaran BPJS
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Rosidah Lailatur
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:52
Last Modified: 04 Apr 2017 04:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15925

Actions (login required)

View Item View Item