Penerapan metode Talking Stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Renny Fuji (2017) Penerapan metode Talking Stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa MI Tarbiyatus Syarifah dikarenakan dalam pembelajaran siswa hanya aktif dalam menulis dan membaca, metode pengajaran yang digunakan oleh guru monoton, siswa menjadi objek pasif yang diisi oleh informasi dan pembelajaran berpusat pada guru. Data yang didapatkan menunjukkan dari 31 siswa hanya 13 siswa yang tuntas dan 18 siswa lainnya tidak tuntas. Sehingga peneliti ingin memberikan solusi atas permasalahan ini melalui metode pembelajaran Talking Stick dengan cara meningkatkan keterampilan berbicara siswa menggunakan penilaian unjuk kerja berupa non tes.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan (a) wawancara, (b) Observasi, (c) Non Tes,(d) Dokumentasi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan keterampilan berbicara mata pelajaran kelas II MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo?. (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa indonesia kelas II MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo dengan penerapan metode pembelajaran Talking Stick ? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan metode Talking Stick dalam peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo. (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo dengan penerapan metode Talking Stick. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Terdapat peningkatan setelah menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 69,67 dengan prosentase ketuntasan belajar 41,93%. Pada siklus I nilai rata-rata yang didapatkan siswa adalah 73,96 dengan prosentase ketuntasan belajar 67,74%, sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 84,48 dengan prosentase ketuntasan belajar 93,54%. Hasil observasi pada aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 85,18% menjadi 96,29% pada siklus II. Sedangkan hasil observasi pada aktivitas guru meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 95,83% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Renny Fujirefrauswah90@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Metode Talking Stick; Bahasa Indonesia; Keterampilan Berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Renny Fuji Rahayu
Date Deposited: 17 Mar 2017 06:13
Last Modified: 17 Mar 2017 18:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15917

Actions (login required)

View Item View Item