Penggunaan media visual dalam pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi : studi kasus di SD Al Falah Assalam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

MS., A. Yusuf (2016) Penggunaan media visual dalam pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi : studi kasus di SD Al Falah Assalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya untuk mendeskripsikan serta menganalisis sejauh mana upaya yang dilakukan oleh SD Al Falah Assalam Sidoarjo mengenai penggunaan media visual (Peraga Paralel) dalam pembelajaran al-Qur’an Metode Ummi, yang dalam penelitiannya dapat penulis analisis melalui proses dalam 3 rumusan masalah yaitu; Bagaimana langkah-langkah penggunaan media visual dalam pembelajaran al-Qur’an Model Ummi, Bagaimana hasil penggunaan media visual dalam pembelajaran al-Qur’an Metode Ummi, Apa saja kendala penggunaan media visual dalam pembelajaran al-Qur’an Metode Ummi.Dalam melaksanakan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta pengambilan sampel. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan penelitian ini berlokasi di SD Al Falah Assalam Sidoarjo.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penggunaan media visual yang diterapkan di SD Al Falah Assalam Sidoarjo pada dasarnya dapat dianalisis melalui perencanaan, proses implementasi serta evaluasi. Dari sinilah dapat dibuktikan bahwa dalam proses penelitian, penulis dapat mengambil data-data dilapangan serta didukung oleh hasil wawancara dari beberapa orang yang terlibat sebagai subyek penelitian dan menjadi bagian dari penyelenggara mutu pendidikan di SD Al Falah Assalam Sidoarjo tersebut. Dalam proses penelitian mengenai penggunaan media visual pembelajaran al-Qur’an Metode Ummi, penulis selain mendapatkan data-data dari sekolah, juga dapat meneliti dengan cara menganalisa lewat 7 tahapan pembelajaran dengan durasi waktu 60 menit disetiap kelasnya yang sudah menjadi standar SOP pembelajaran al-Qur’an Metode Ummi. Kemudian standar pembelajaran al-Qur’an Metode Ummi memiliki urutan yaitu mulai dari pembukaan, appersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, ketrampilan, evaluasi serta penutup. Dari penelitian ini membuktikan bahwa kelompok belajar yang menggunakan media visual peraga paralel memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan media visual peraga lainnya dengan dibuktikan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 86,15 dan nilai rata-rata tes akhir kelas kontrol 83,08. Sehingga ada selisih nilai 3,07 poin lebih besar di kelompok kelas eksperimen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
MS., A. Yusufmetodeummi01@gmail.comF13212163
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Metode Pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusuf Ahmad
Date Deposited: 07 Mar 2017 07:59
Last Modified: 02 Dec 2019 06:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15874

Actions (login required)

View Item View Item