PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PKn MATERI PEMERINTAHAN PROVINSI MELALUI STRATEGI RODA KEBERUNTUNGAN PADA SISWA KELAS IV MI AL HIDAYAH GEDANGAN SIDOARJO

Rosyidi, Ahmad Zainur (2017) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PKn MATERI PEMERINTAHAN PROVINSI MELALUI STRATEGI RODA KEBERUNTUNGAN PADA SISWA KELAS IV MI AL HIDAYAH GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan lapangan bahwa siswa kelas IV MI Al-Hidayah Gedangan Sidoarjo mengalami kesulitan pada meningkatkan motivasi belajar. Rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV MI Al-Hidayah Gedangan Sidoarjo ini terbukti pada skor motivasi belajar yang diberikan peneliti kepada siswa. Dari 21 siswa kelas IV MI AL-Hidayah Gedangan Sidoarjo jumlah perolehan skor angket motivasi belajar keseluruhan yakni sebesar 1.326 dengan rata-rata skor 63. Hal ini tidak sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yakni 85. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar PKn materi pemerintahan provinsi melalui strategi roda kebeeruntungan. Penggunaan strategi ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan motivasi belajar siswa materi pemerintahan provinsi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan strategi roda keberuntungan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan (2) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui strategi roda keberuntungan pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Gedangan Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi 4 tahap; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan model PTK ini maka tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan dilakukan pada saat yang bersamaan. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, serta hasil tes tiap siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah butir soal tes siswa, angket motivasi belajar dan lembar observasi. Tes ini digunakan untuk mengukur ketuntasan siswa dalam materi dan sebagai salah satu penunjang peningkatan motivasi. Angket motivasi belajar digunakan untuk mengukur tingkat motivasi siswa. Observasi digunakan untuk mengukur aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran pada materi pemerintahan provinsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn materi pemerintahan provinsi melalui strategi roda keberuntungan dapat diterapkan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV Al-Hidayah Gedangan Sidoarjo. (1). Penerapan strategi roda keberuntungan dalam kegiatan pembelajaran PKn materi pemerintahan provinisi dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. (2). Kemudian motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, yang ditandai dengan debelum penerapan strategi roda keberuntungan skor rata-rata motivasi belajar siswa hanya sebesar 63 (pra siklus), setelah dilaksanakan pembelajaran pada siklus I motivasi siswa meningkat menjadi 52 dengan nilai rata-rata 74, dan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat tajam sehingga mencapai 80,9 dengan skor rata-rata kelas 80,5. Dari hasil akhir tersebut maka pembelajaran PKn materi pemerintahan provinsi dikategorikan baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosyidi Ahmad Zainur
Date Deposited: 06 Mar 2017 07:15
Last Modified: 06 Mar 2017 07:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15871

Actions (login required)

View Item View Item