ANALISIS KESALAHAN PADA PROSES MATEMATISASI VERTIKAL DAN HORIZONTAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Amrilia (2017) ANALISIS KESALAHAN PADA PROSES MATEMATISASI VERTIKAL DAN HORIZONTAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Permendiknas No.22 Tahun 2006 menyebutkan salah satu tujuan umum pembelajaran matematika adalah memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Hal ini sesuai dengan proses matematisasi yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu mengetahui kesalahan-kesalahan pada saat proses matematisasi perlu dilakukan agar guru bisa memberikan perlakuan dan tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa pada perspektif proses matematisasi vertikal dan horizontal kelas VIII SMP N 3 Krian dalam menyelesaikan masalah bangun datar pada materi lingkaran yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian ini berupa soal uraian dan pedoman wawancara. Soal uraian digunakan untuk mengumpulkan data penelitian tentang proses matematisasi vertikal dan horizontal. Pedoman wawancara digunakan untuk mengungkap dan mengetahui lebih jauh bagaimana kesalahan-kesalahan pada perspektif proses matematisasi vertikal dan horizontal siswa. Subjek penelitian berjumlah 5 siswa. Teknik analisis data melalui kategorisasi, reduksi, penyajian data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh, dari perspektif proses matematisasi horizontal siswa cenderung melakukan kesalahan antara lain: tidak lengkap menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, salah dalam melakukan schematizing, salah dalam menerjemahkan kalimat ke dalam bentuk matematika, salah dalam menentukan pola penyelesaiannya, salah dalam menerjemahkan masalah ke dalam bentuk matematika. Sedangkan dari perspektif proses matematisasi vertikal siswa cenderung melakukan kesalahan antara lain: salah dalam membuat model matematika, siswa tidak melakukan penyesuaian dan penggabungan model matematika, siswa tidak memberikan jawaban yang logis dan siswa tidak melakukan generalisasi dengan tepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Amriliaamrillia89@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Matematika
Keywords: Analisis kesalahan; Proses Matematisasi; Matematisasi Vertikal dan Horizontal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahmawati Amrilia
Date Deposited: 03 Mar 2017 07:12
Last Modified: 03 Mar 2017 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item