Partisipasi perempuan dalam konteks penanggulangan feminisasi kemiskinan dalam program jalin matra (studi kasus Di Desa Rebono Kabupaten Pasuruan)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widad, Lailatul (2017) Partisipasi perempuan dalam konteks penanggulangan feminisasi kemiskinan dalam program jalin matra (studi kasus Di Desa Rebono Kabupaten Pasuruan). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Partisipasi Perempuan Dalam Konteks Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan Dalam Program Jalin Matra (Studi Kasus Di Desa Rebono Kab. Pasuruan). Adapun rumusan masalah penelitian ini yang pertama, Bagaimana partisipasi perempuan dalam konteks penanggulangan feminisasi kemiskinan dalam program jalin matra, di desa rebono kab. Pasuruan. Kedua, Bagaimana upaya pemerintah untuk menangani kemiskinan perempuan, terutama bagi rumah tangga yang kepala rumah tangga perempuan (KRTP). Sedangkan tujuan penelitian yang pertama, untuk mengetahui bagaimana partisipasi perempuan dalam konteks penanggulangan feminisasi kemiskinan dalam program jalin matra, di desa rebono kab. Pasuruan. Kedua, untuk mengetahui upaya pemerintah dalam menangani kemiskinan perempuan, terutama bagi rumah tangga yang kepala rumah tangga perempuan (KRTP). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu pendekatan studi kasus (case study approach). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, display data, Conclusion Drawing atau verification. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah Trianggulasi. sedangkan teori yang digunakan adalah konsep partisipasi perempuan dalam pembangunan, feminisasi kemiskinan. Pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan GAD, yang mana pendekatan ini melihat perempuan sebagai subyek pembangunan (agen perubahan). Hasil temuan penelitian ini adalah pertama, Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan dilaksanakan dengan mengintegrasikan penyadaran dan kepedulian gender yaitu tidak ditentukan hanya karena perbedaan normatif biologis tetapi oleh lingkungan ekonomi, sosial, dan budaya. Fokus sasaran program dengan menempatkan Kepala Rumah Tangga Perempuan sebagai pusat perhatian, diposisikan sebagai pelaku (subyek) dengan meningkatkan perannya (gender role). Feminisasi kemiskinan merujuk pada adanya kenyataan sebagian besar warga miskin berjenis kelamin perempuan, “The Feminization of Poverty: Women, Work and Welfare”. salah satu faktor utama kemiskinan yang menimpa kaum perempuan di Desa Rebono adalah faktor yang pertama, yaitu suami meninggal atau janda, yang kedua, suami jatuh sakit bertahun-tahun. Kedua, upaya yang dilakukan untuk menangani masalah penanggulangan feminisasi kemiskinan yaitu melalui kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi.
Keyword: Partisipasi perempuan dalam pembangunan, feminisasi kemiskinan, kebijakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widad, Lailatullailatulwidad@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorYahya, Khoirulkhoirul_yahya09@yahoo.com2006027202
Subjects: Gender
Politik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Widad Lailatul
Date Deposited: 02 Mar 2017 07:45
Last Modified: 27 Jan 2020 04:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15819

Actions (login required)

View Item View Item