ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT NAHDLATUL ULAMA TERHADAP KEBERHASILAN PENGELOLAAN LAZISNU KOTA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudin, Hendrik (2017) ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT NAHDLATUL ULAMA TERHADAP KEBERHASILAN PENGELOLAAN LAZISNU KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai tingkat partisipasi masyarakat Nahdlatul Ulama serta bagaimana pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah terhadap keberhasilan dari program-program yang dilakukan oleh manajemen LAZISNU Kota Surabaya. untuk mengetahui jawaban dari rumusan masalah tersebut, maka peneliti melakukan observasi ke lembaga tersebut guna mengetahui implementasi yang brada di lapangan. Fokus penelitian ditujukan kepada manajemen operasional LAZISNU Kota Surabaya sebagai informan. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentas. Dalam menganalisa data melalui teknik reduksi data, menyajikan data yang terpilih secara keselruhan, kemudian menarik kesimpulan dari hasil analisis data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini diperoleh, bahwa tingkat partisipasi masyarakat Nahdlatul Ulama dalam mengembangkan LAZISNU Kota Surabaya dengan upaya penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah masih sangat minim. Hal ini dapat dilihat dari jumlah muzaki dan donator tetap yang terdata menyalurkan dana zakat, infak, dan seekah masih sedikit dari populasi masyarakat Nahdlatul Ulama yang berada di wilayah Kota Surabaya. sehingga hal ini juga mempengaruhi pengelolaan pendayagunaan zakat yang dilakukan oleh manajemen LAZISNU Kota Surabaya masih belum maksimal dan sering mengalami hambatan dalam realisasinya, disamping itu juga keterbatasa tenaga manajemen dalam pengelolaan lembaga mulai dari pengumpulan sampai dengan pendayagunaan. Meskipun praktik pendayagunaan dana zakat, infak, dan sedekah sudah sesuai dengan gagasan Kementerian Agama melalui pola konsumtif kreatif serta produktif kreatif. Dari kesimpulan penelitian ini, hendaknya manajemen lembaga segera melakukan evaluasi secara cepat dan melakukan beberapa perbaikan dalam aspek manajemen pengelolaan. Supaya apa yang direncanakan bisa maksimal sehingga keberlanjutan dari pengelolaan zakat, infak, dan sedekah bisa dilihat dengan baik. Sebab masyarakat Nahdlatul Ulama yang berada di wilayah Kota Surabaya populasinya sangat banyak dan perlu adanya keseriusan dalam memaksimalkan potensi tersebut. Jika pertisipasi masyarakat Nahdlatul Ulama nantinya sudah maksimal, sudah dipastikan pengelolaan yang dilakukan oleh LAZISNU Kota Surabaya juga akan lebih maksimal dan baik kedepan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudin, Hendrikrekanhendrik@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wahyudin Hendrik
Date Deposited: 02 Mar 2017 03:34
Last Modified: 02 Mar 2017 03:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15812

Actions (login required)

View Item View Item