ANALISIS LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SHARIA FINANCIAL INCLUSION : STUDI PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shobah, Nurus (2017) ANALISIS LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SHARIA FINANCIAL INCLUSION : STUDI PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di perguruan tinggi sangat berperan penting dalam proses pembentukan literasi keuangan mahasiswa. Kemampuan pengolahan informasi literasi yang diterima mahasiwa Ekonomi Syariah ini tentu berpengaruh terhadap pemilihan produk jasa bank yang ada. Penelitian yang berjudul “Analisis Literasi Keuangan Syariah terhadap Penggunaan Jasa P{erbankan syariah sebagai Upaya Meningkatkan Sharia Financial Inclusion (Studi pada Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya) ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang sejauhmana tingkat literasi keuangan syariah pada mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. Serta bagaimana keterkaitan tingkat literasi keuangan syariah terhadap penggunaan jasa perbankan syariah guna meningkatkan sharia financial inclusion.Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes serta memberikan angket kepada 100 mahasiswa Ekonomi Syariah lintas angkatan. Penulis juga melakukan cross check kepada pihak-pihak akademik dan ketua program studi guna mendapatkan data valid dari informan.Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa para mahasiswa masih harus meningkatkan pengetahuan mereka tentang literasi keuangan syariah. Hal ini terlihat pada hasil penelitian, bahwa sebanyak 46% responden memiliki pengetahuan yang rendah, 47% sedang dan sisanya tinggi. Diketahui pula bahwa belum seluruhnya mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel memiliki akun rekening di sebuah bank khususnya bank syariah. Sehingga bisa dikatakan bahwa mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel belum masuk ke dalam kategori syaria financial inclusion.Berdasarkan analisis tersebut, penulis menyarankan supaya pihak Universitas dan para pendidik untuk secara aktif memberikan pendidikan di bidang personal finance. Selain itu mahasiswa juga diharapkan agar terus belajar serta terus menggali informasi terutama di bidang keuangan. Bagi perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah lainnya agar turut berperan dalam memberikan pendidikan finansial. Kemudian peneliti selanjutnya disarankan agar menggunakan metode penelitian yang dapat mengcover seluruh sampel penelitian sehingga hasil penelitian lebih valid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shobah, Nurusnurusshobah238@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan
Ekonomi
Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shobah Nurus
Date Deposited: 28 Feb 2017 06:46
Last Modified: 28 Feb 2017 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15756

Actions (login required)

View Item View Item