PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA SISWA KELAS VI DI MA’ARIF NU KEDENSARI TANGGULANGIN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susilaningtyas, Yullia (2017) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA SISWA KELAS VI DI MA’ARIF NU KEDENSARI TANGGULANGIN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga dikarenakan siswa kurang berani dalam mengungkapkan gagasan sehingga pemahaman siswa rendah. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut diambil tindakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran treffinger untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VI MI Ma’arif NU Kedensari Tanggulangin Sidoarjo. (2) mengetahui peningkatan pemahaman materi kenampakan alam dan sosial pada siswa kelas VI MI Ma’arif NU Kedensari Sidoarjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam satu siklus, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Treffinger pada materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 72,2% meningkat menjadi 91,6% pada siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 68,75% meningkat menjadi 90,62% pada siklus II. (2) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan pemahaman siswa terhadap materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,76 menjadi 82,80 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 65,38% menjadi 92,30% pada siklus II dengan katagori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susilaningtyas, Yulliayulliaaa@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Pemahaman; IPS; Cooperative Learning Tipe Treffinger
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Susilaningtyas Yullia
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:36
Last Modified: 28 Feb 2017 03:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15726

Actions (login required)

View Item View Item