Konflik terselubung dalam keluarga: studi kasus perseteruan antara suami istri di Desa Prasung Tambak Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alawiyyah, Tahniatul (2017) Konflik terselubung dalam keluarga: studi kasus perseteruan antara suami istri di Desa Prasung Tambak Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji didalam penelitian ini ada dua yakni bagaimana bentuk-bentuk konflik keluarga dan bagaimana latar belakang konflik keluarga di Desa Prasung Tambak Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Namun dari dua rumusan masalah tersebut sebuah sub dari pembahasan didalamnya, antara lain pembahasan mengenai bentuk-bentuk konflik keluarga dan latar belakang yang terjadi pada konflik terselubung dalam keluarga di Desa Prasung Tambak Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Adapun itu, latar belakang terjadinya konflik terselubung dalam keluarga ini karena kurang alat komunikasi dengan baik dalam membina rumah tangga sehingga terjadinya permasalahan yang muncul diantara pasangan ini. Konflik dalam keluarga juga dapat berpengaruh terhadap seorang anak yang menjadikan beban pikiran karena stress atau depresi pada dirinya. Masalah keluarga ini dialami oleh seorang pasangan yang berselingkuh dengan tetangganya sendiri karena sang suami yang hiperaktif terhadap wanita lain dapat menimbulkan terpecah belahnya sesama pasangan ini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena ini yaitu teori Ralf Dahrendorf yang terjadi pada konflik keluarga di Desa Prasung Tambak Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo teori ini memiliki dua wajah dalam memecahkan sebuah masalah yaitu (konflik dan consensus) teori consensus harus menelaah integrasi nilai ditengah-tengah masyarakat, sementara teori konflik harus menelaah konflik kepentingan dan koersi yang menyatukan masyarakat dibawah tekanan-tekanan tersebut. Seperti halnya konflik perselingkuhan terhadap sesama pasangan dan kekuasaan antara suami dan istri. Dari hasil penelitian yang ditemukan bahwa; (1) Bentuk konflik didalam keluarga terjadi (a) adanya pertengkaran, merupakan racun bumbu dalam keluarga yang kurang, (b) tidak saling mengeluarkan emosi-emosi yang muncul didalam dirinya (c) tidak saling menghargai sesama pasangannya. (2) Latar belakang dari konflik keluarga yaitu (a)kurang adanya komunikasi dan interaksi sesama pasangannya (b) suami yang hiperseks dapat menyebabkan perselingkuhan dalam hubungan rumah tangga (c) suami yang kurang memberikan kasih saying terhadap istri dapat menyebabkan timbul rasa sakit hati didalam diri sang istri (d) perbedaan pendapat antara suami dan istri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alawiyyah, Tahniatultahniania94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Konflik Keluarga
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Alawiyyah Tahniatul
Date Deposited: 01 Mar 2017 02:14
Last Modified: 11 Oct 2017 03:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15725

Actions (login required)

View Item View Item