PERAN LEMBAGA MANAGEMENT INFAQ (LMI) PROGRAM SEMANGGI SUKOLILO DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU TPQ DI MEDOKAN SEMAMPIR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zamani, Aulia Farida (2017) PERAN LEMBAGA MANAGEMENT INFAQ (LMI) PROGRAM SEMANGGI SUKOLILO DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU TPQ DI MEDOKAN SEMAMPIR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah petunjuk hidup manusia, petunjuk manusia dalam berbuat sesuatu dalam hidup mereka, petunjuk mereka dalam kesesatan. Dengan adanya Taman Pendidikan Al-Qur’an membatu anak-anak untuk belajar membaca AlQur’an dengan benar dan tepat. Sadar akan pentingnya kedudukan dan keberadaan TPQ yang senantiasa dituntut maju, kreatif, dan ikhlas, oleh karena itu, untuk mendukung guru yang profesional dibutuhkan pembinaan. Dari permasalahan di atas dapat dirumuskan bagaimana peran Lembaga Management Infaq (LMI) program Semanggi dalam meningkatan kompetensi profesionalisme guru TPQ di Medokan Semampir Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang di ambil adalah meliputi literatur, sumber data lapangan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan LMI program Semanggi dalam peningkatan profesionalisme guru TPQ sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada kekurangan diberbagai aspek, baik dalam pelaksanaan maupun prakteknya. Tetapi secara teoritis sudah berusaha menjalankan kegiatan dengan baik, dan bila hal ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, maka cita-cita menciptakan guru TPQ yang profesional akan berhasil. Adapun kegiatan yang diadakan LMI proram Semanggi dalam meningkatkan profesionalisme guru TPQ diwujudkan dalam berbagai bentuk pembinaan, pelatihan, penataran, dan seminar. (2) Peran LMI prgam Semanggi dalam peningkatan Profesionalisme guru TPQ di Surabaya belum berhasil secara maksimal. Terbukti dengan masih banyaknya guru TPQ yang menggunakan metode pembelajaran klasik dan masih banyak guru TPQ yang kurang menguasai materi pembelajaran dengan baik walaupun LMI program Semanggi sudah berupaya meningkatkan profesionalisme para guru TPQ melalui program-programnya. Hal ini karena beberapa kendala baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan LMI program Semanggi mendapatkan dukungan dan bantuan dari semua elemen masyrakat dan pemerintah sehingga peran LMI program Semanggi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zamani, Aulia Faridanala.defalia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zamani Aulia Farida
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:07
Last Modified: 28 Feb 2017 04:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15724

Actions (login required)

View Item View Item