Peningkatan pemahaman materi lingkungan alam dan buatan pada mata pelajaran IPS melalui strategi group investigation di kelas III A MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik

Suryani, Dewi (2017) Peningkatan pemahaman materi lingkungan alam dan buatan pada mata pelajaran IPS melalui strategi group investigation di kelas III A MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Suryani_D37213046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa Kelas III A di MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik pada mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata hasil tes mengerjakan LKS yang telah diberikan guru. Dari 30 siswa hanya 12 siswa yang tuntas, dan 18 siswa lainnya belum tuntas. Penyebabnya guru sering kali menyampaikan materi dengan strategi yang kurang sesuai. Solusi mengatasi masalah ini adalah menerapkan strategi Group Investigation.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi Group Investigation dalam meningkatkan pemahaman siswa materi Lingkungan Alam dan Buatan pada mata pelajaran IPS kelas III A MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi Lingkungan Alam dan Buatan pada mata pelajaran IPS melalui strategi Group Investigation pada siswa kelas III A MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan planning), 2) Tindakan (action), 3) Pengamatan (observation), dan 4) Refleksi (reflection). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III-A MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis soal pilihan ganda (tes pemahaman siswa), observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi.Adapun hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam penerapan strategi Group investigation pada materi lingkungan alam dan buatan, aktivitas guru mendapat skor 83,3 pada siklus I. Naik menjadi 91,6 pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami kenaikan skor dari 82,5 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II. 2) Pemahaman siswa pada materi lingkungan alam dan buatan di kelas III A MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik mengalami peningkatan. Dilihat dari nilai pra siklus rata-rata kelas sebesar 70,6, pada siklus I meningkat 75,3, dan menjadi 87,5 pada siklus II. Prosentase tingkat ketuntasan belajar sebesar 40% pada pra siklus, pada siklus I menjadi 70%, sedangkan pada siklus II 90% dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Email: Suryaholmes@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Musthofa, M. Bahri
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; group investigation; materi lingkungan alam dan buatan
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Suryani Dewi
Date Deposited: 21 Jan 2019 07:46
Last Modified: 21 Jan 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15719

Actions (login required)

View Item View Item