PENERAPAN STRATEGI PLANTED QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MINU DURUNGBEDUG CANDI SIDOARJO

Zakiyah, Lailatus (2017) PENERAPAN STRATEGI PLANTED QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MINU DURUNGBEDUG CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan rendahnya minat belajar siswa kelas V di MINU Durungbedug Candi Sidoarjo. Hal ini disebabkan karena guru tidak pernah menggunakan strategi pembelajaran yang menarik. Dalam menyampaikan pembelajaran dikelas guru hanya menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan saja, akan tetapi ketika ditanya kebanyakan siswa tidak bisa menjawab dan begitu juga sebaliknya jika siswa disuruh bertanya tidak ada yang bertanya.Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi planted question pada mata pelajaran IPA kelas V di MINU Durungbedug Candi Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas V MINU Durungbedug Candi Sidoarjo dengan menggunakan strategi planted question. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MINU Durungbedug Candi Sidoarjo dengan jumlah 25 siswa dengan jumlah 14 siswi dan 11 siswa. Pada penelitian ini peneliti membahas mengenai penerapan strategi planted question dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan materi daur air.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Pada penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, pengisian angket dan dokumentasi. Kemudian dari data-data yang telah diperoleh tersebut akan dianalisis untuk mengetahui hasilnya.Dari data penelitian yang ada, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi planted question pada pembelajaran IPA di kelas V dengan materi daur air dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan persentase skor 75% dan pada siklus II dengan persentase skor 85%. Selain itu juga peningkatan dapat ditunjukkan pada aktivitas mengajar guru di siklus I dengan persentase skor 82% dan pada siklus II dengan persentase skor 86%. Penerapan strategi pembelajaran planted question ternyata mampu meningkatkan minat belajar siswa dengan persentase 40% dengan kriteria rendah pada saat pra siklus dan siklus I menjadi 64% dengan kriteria sedang selanjutnya di siklus II menjadi 80% dengan kriteria tinggi.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zakiyah Lailatus
Date Deposited: 01 Mar 2017 06:20
Last Modified: 01 Mar 2017 06:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15718

Actions (login required)

View Item View Item