Globalisasi dan budaya populer: studi fenomena food, fun dan fashion di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andi Febryanto, Muhammad (2017) Globalisasi dan budaya populer: studi fenomena food, fun dan fashion di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini hanyalah satu yakni Bagaimana fenomena budaya food, fun dan fashion di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Namun dari satu rumusan masalah tersebut terdapat sebuah sub pembahasan didalamnya, antara lain pembahasan mengenai fenomena budaya food,fun dan fashion, factor penyebab budaya food,fun dan fashion dan kelas sosial dilihat dari fenomena (food,fun dan fashion) yang terjadi di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya ini adalah teori Interaksionisme simbolik.Dari hasil penelitian di temukan bahwa : (1) Fenomena budaya Food, fun dan fashion yang terjadi dikalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya mahasiswa yang mencicipi budaya Food, fun,dan fashion tersebut lebih mementingkan simbol-simbol akan prestise, ingin mengikuti mode dan berbagai alasan lainnya yang sifatnya performances agar dirinya dimaknai orang lain yang memaknai simbol-simbol tersebut merupakan budaya yang populer yang kekinian dan terlihat mengikuti mode masa kini. (2) Banyak di temukan mahasiswa yang mengikuti budaya popular yakni budaya food, fun dan fashion. Dari fenomena food,fun dan fashion yang menggambarkan seputar menikmati aneka jenis makanan dimaksud , jenis kesenangannya dan gaya fashionnya, tampak terlihat ke dalam tiga kelas yakni mahasiswa kelas atas (upper class),mahasiswa kelas menengah (middle class) dan mahasiswa kelas bawah (low class). (3) UIN Sunan Ampel yang terletak di Kota Surabaya, Ibu kota provinsi Jawa Timur. Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta, kota Metropolis dengan beberapa keanekaragamannya dan saat ini juga telah menjadi pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Indonesia. Apalagi di era globalisasi saat ini tentunya juga membuat mahasiswa UIN Sunan Ampel mengikuti model kekinian atau budaya yang lagi populer di perkotaan. Ada beberapa faktor penyebab dan yang mempengaruhi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya mengikuti budaya food,fun dan fashion antara lain : Faktor Lingkungan ,Faktor pengaruh dari media sosial,Faktor Hobbi serta Faktor keluarga dan ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andi Febryanto, Muhammadmuhammadandif@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Budaya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Febryanto Muhammad Andi
Date Deposited: 28 Feb 2017 08:09
Last Modified: 18 Oct 2017 04:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15716

Actions (login required)

View Item View Item