Peningkatan pemahaman penggolongan makhluk hidup pelajaran IPA melalui media mind mapping pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Mergobener Sidoarjo

Alimah, Fita (2017) Peningkatan pemahaman penggolongan makhluk hidup pelajaran IPA melalui media mind mapping pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Mergobener Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA materi penggolongan makhluk hidup di kelas III MI Miftahul Ulum Mergobener. Dari 13 siswa hanya 40 % siswa yang mencapai ketuntasan. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut, peneliti menggunakan media Mind Mapping. Media ini bertujuan agar siswa mudah memahami isi materi penggolongan makhluk hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan media Mind Mapping. 2) mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan media Mind Mapping. 3) mengetahui penerapan media mind mapping dalam meningkatkan pemahaman penggolongan makhluk hidup pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model PTK Kurt Lewin. Subyek penelitian ini terdiri dari 13 siswa kelas III MI Miftahul Ulum Mergobener. Tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media Mind Mapping pada mata pelajaran IPA dilakukan dua siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 76, 56 (cukup) dan meningkat pada siklus II 83,65 (baik). Sedangkat hasil observasi siswa pada siklus I 27 (baik) dan meningkat pada siklus II 28 (baik). 2) peningkatan pemahaman siswa melalui media mind mapping mampu meningkatkan pemahaman siswa. Pada siklus I rata – rata kelas 73,84 dan siklus II meningkat menjadi 86, 15. Peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa siklus I diperoleh prosentase 69,23 meningkat pada siklus II menjadi 92,30.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rusydiyah, Evi Fatimatur
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman; Media Mind Mapping
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alimah Fita
Date Deposited: 27 Feb 2017 07:32
Last Modified: 12 Oct 2017 04:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15682

Actions (login required)

View Item View Item