PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FALAH CANGA'AN KANOR BOJONEGORO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farikha, Arrizqi Nikhlatul (2017) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FALAH CANGA'AN KANOR BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Partisipasi Masyarakat merupakan peran serta atau keikutsertaan dan keterlibatan seseorang secara perseorangan atau berkelompok dalam suatu kegiatan. Masyarakat memiliki hak dan kewajiban dalam penyelenggaran pendidikan. Adapun kewajibannya adalah memberikan dukungan sumber daya dalam penyelenggaraan pendidikan.Proses pendidikan dipengaruhi oleh adanya lingkungan masyarakat yang kondusif. Artinya lingkungan masyarakat juga memiliki peranan dalam pendidikan.Dari permasalahan di atas dapat dirumuskan sebagai berikut: 1). Bagaimana Partisipasi Masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Canga’an Kanor Bojonegoro? 2). Bagimana Kualitas Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Canga’an Kanor Bojonegoro? 3). Bagaimana Partisipasi Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Canga’an Kanor Bojonegoro?Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang di ambil adalah meliputi literatur, sumber data lapangan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini disampaikan pertama, bentuk partisipasi masyarakat di madrasah Ibtidaiyah al-Falah yang meliputi: (1) Sumbangan spontan berupa uang dan barang, (2) Sumbangan dalam bentuk tenaga kerja, (3) Kesediaan masyarakat sekitar menjadi tenaga ahli pengajar, (4) Kesediaan masyarakat atau wali murid untuk bergabung dalam pengurus Yayasan Pendidikan al-Falah (YPA), (5) Kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka di Madrasah Ibtidaiyah al-Falah. Kedua, Kualitas Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Canga’an Kanor Bojonegoro itu sendiri meliputi: (1) Kualitas Peserta Didik, (2) Kualitas Sarana Prasarana, (3) Partisipasi Masyarakat, (4) Kualitas Pendidik. Ketiga, Partisipasi Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Canga’an Kanor Bojonegoro adalah: Banyak bentuk partisipasi dari masyarakat yang sudah diterima oleh Madrasah Ibtidaiyah al-Falah diantaranya sumbangan dalam bentuk donasi untuk kemajuan madrasah yang nantinya dapat diubah ke dalam bentuk sarana prasarana yang dapat membantu berjalanya proses pembelajaran hususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam, bahan bangunan, pemikiran, saran dan kritik-kritik yang bersifat membangun, serta partisipasi bentuk tenaga dari masyarakat setempat. Dari bentuk partisipasi yang diterima oleh Madrasah Ibtidaiyah al-Falah sangat membantu untuk peningkatan kualitas pendidikan Agama Islam, salah satunya adalah pelebaran gedung sekolah yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah al-Falah sehingga dapat membantu terciptanya proses belajar mengajar yang lebih efektif.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kepala sekolah, tenaga pengajar Madrasah Ibtidaiyah al-Falah dan masyarakat Desa Canga’an agar lebih meningkatkan dan mengembangkan partisipasinya dalam peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah al-Falah supaya lebih maju dan pihak madrasah selalu berupaya menjalin hubungan yang harmonis dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farikha, Arrizqi Nikhlatulnikhlatul.farikha@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pengabdian Masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farikha Arrizqi Nikhlatul
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:17
Last Modified: 27 Feb 2017 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15680

Actions (login required)

View Item View Item