ANALISIS MASLAHAH TERHADAP PENGULANGAN AKAD NIKAH DI KUA KECAMATAN KRIAN KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmiyah, Hawa Hidayatul (2017) ANALISIS MASLAHAH TERHADAP PENGULANGAN AKAD NIKAH DI KUA KECAMATAN KRIAN KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi .pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo yang berjudul “Analisis mas}lah}ah terhadap pengulangan akad nikah di KUA Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana latar belakang dan proses terjadinya pengulangan akad nikah serta bagaimana analisis mas}lah{ah terhadap pengulangan akad nikah di KUA Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.Data penelitian dihimpun melalui wawancara kepada seorang yang mengetahui dan memiliki informasi pokok, yang terdiri dari bapak penghulu KUA Kecamatan Krian, Mudin Kecamatan Krian, serta bapak RT tempat tinggal para pelaku pengulangan akad nikah. Selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan teori mas{lah{ah. Sehingga dapat ditarik kesimpulan pengulangan akad nikah di KUA Kecamatan Krian menyimpang apa tidak dengan agama Islam bila ditinjau dari aspek mas{lah{ah dan hal ini dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengulangan akad nikah yang terjadi di KUA Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo karena terdapat 2 faktor yang melatarbelakangi yaitu adanya pernikahan sirri dan adanya penolakan dari Kyai. Pengulangan akad nikah ini tidak bertentangan dengan Syari>’at, karena pada dasarnya dalam al-qur’an dan hadits pun tidak menjelaskan tentang adanya pengulangan akad nikah. Dan bila dilihat dari segi mas{lah}ahnya, mas{lah}ah dari pelaksanaan pengulangan akad nikah ini adalah Mas{lah}ah al-mursalah yaitu apa yang dipandang baik maka akan sejalan dengan tujuan syara’ dalam menetapkan hukum.Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pada pelaksanaan pengulangan akad nikah ini seharusnya sebelum melaksanakan pengulangan akad nikah diupayakan untuk mengkaji lebih jauh makna sebenarnya dari pengulangan akad nikah tersebut secara komprehensif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmiyah, Hawa Hidayatulhawacuprut@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Hikmiyah Hawa Hidayatul
Date Deposited: 27 Feb 2017 07:24
Last Modified: 27 Feb 2017 07:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15671

Actions (login required)

View Item View Item