PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN CONTOH NORMA DI RUMAH DAN DI SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH 16 JOMPONG-LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nanik, Suwin (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN CONTOH NORMA DI RUMAH DAN DI SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH 16 JOMPONG-LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dafar Pustaka.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas III MI Muhammadiyah 16 Jompong dalam menyebutkan contoh-contoh norma di rumah dan di sekolah pada mata pelajaran PKn materi norma di lingkungan masyarakat. Hal ini disebabkan karena kurangnya siswa dalam menguasai materi norma di lingkungan masyarakat. Selain itu siswa masih merasa kesulitan dalam menyebutkan contoh norma di rumah dan di sekolah serta proses pembelajaran yang kurang bervariasi atau monoton sehingga siswa dalam kegiatan pembelajaran bersifat pasif. Pada materi norma di lingkungan masyarakat, siswa membutuhkan pemahaman yang maksimal. Pemahaman yang maksimal dapat diberikan di dalam pembelajaran yang bervariasi. Model pembelajaran kooperatif tipe Time Token merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dalam meningkatkan kemampuan menyebutkan contoh norma di Rumah dan di Sekolah pada mata pelajaran PKn siswa kelas III MI Muhammadiyah 16 Jompong-Lamongan, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dalam meningkatkan kemampuan menyebutkan contoh norma di rumah dan di sekolah pada mata pelajaran PKn siswa kelas III MI Muhammadiyah 16 Jompong-Lamongan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam satu siklus, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi reflecting). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada materi norma di lingkungan masyarakat pada siswa kelas III MI Muhammadiyah 16 Jompong dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 77,7 meningkat menjadi 88,8 pada siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 66,6 meningkat menjadi 86,1 pada siklus II. (2) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan kemampuan menyebutkan siswa terhadap materi norma di lingkungan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 76 menjadi 84,7 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 68,4% menjadi 89,4% pada siklus II dengan katagori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nanik, Suwinsuwinnanik.sn@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Suwinnanik Suwinnanik
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:51
Last Modified: 28 Feb 2017 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item