PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI MESIN PENANYA SISWA KELAS IV MI BAITUSSALAM CERME GRESIK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdianah, Lutfiyan (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI MESIN PENANYA SISWA KELAS IV MI BAITUSSALAM CERME GRESIK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya keterampilan bertanya siswa pada pelajaran IPA di MI Baitussalam Cerme Gresik. Selama ini, pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Kurangnya kegiatan untuk memancing siswa dalam bertanya, menyebabkan keterampilan bertanya siswa masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan strategi mesin penanya sebagai salah satu inovasi untuk menciptakan suasana kelas yang aktif, serta dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi mesin penanya serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya siswa setelah diterapkan strategi mesin penanya pada pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016 hingga Januari 2017. Teknik pengumpulan data antara lain teknik non-tes (rubrik penilaian performance), observasi (lembar observasi aktivitas guru dan siswa), wawancara (panduan wawancara) dan dokumentasi (lembar dokumentasi). Hasil penelitian yakni sebagai berikut : 1) Penerapan strategi mesin penanya berjalan dengan baik pada saat pelajaran IPA di kelas IV MI Baitussalam Cerme Gresik dengan melalui beberapa perbaikan dalam tiap siklusnya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi guru yang meningkat dari nilai 75 (baik) pada siklus I menjadi 97,5 (sangat baik) pada siklus II. Hasil observasi siswa juga meningkat dari nilai 70 (baik) pada siklus I menjadi 83,75 (sangat baik) pada siklus II. 2) Penerapan strategi mesin penanya pada mata pelajaran IPA juga dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas IV MI Baitussalam Cerme Gresik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai performance siswa pada siklus I sebesar 55,94 pada siklus II telah mencapai target 75 yakni menjadi 79,06. Sehingga terjadi peningkatan nilai sebesar 23,12. Keberhasilan ini disebabkan adanya inovasi dalam metode pembelajaran serta partisipasi aktif siswa. Sehingga, guru dan siswa harus saling berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdianah, Lutfiyannlutfiyan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurdianah Lutfiyan
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:06
Last Modified: 01 Mar 2017 04:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15591

Actions (login required)

View Item View Item