Penggunaan media Panggung Boneka untuk meningkatkan pemahaman materi Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga pada mata pelajaran IPS siswa Kelas II B MI Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik

Musrifatus, Yuli (2017) Penggunaan media Panggung Boneka untuk meningkatkan pemahaman materi Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga pada mata pelajaran IPS siswa Kelas II B MI Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuli Musrifatus Sa'diah_D77213107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPS kelas II B MI Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi kedudukan dan peran anggota keluarga termasuk dalam kategori rendah yaitu 42,22%, dibuktikan dengan dilaksanakannya pre-test pada pra siklus dari 34 siswa kelas II B hanya 16 siswa yang masuk kategori tingkat pemahaman tinggi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPS, bahwa rendahnya tingkat pemahaman materi disebabkan oleh penyampaian materi yang hanya menggunakan strategi ceramah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan media panggung boneka.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas II B MI Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik dalam materi Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga mata pelajaran IPS sebelum tindakan. 2) Mengetahui bagaimana penggunaan media Panggung Boneka dalam pembelajaran IPS materi Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga pada siswa kelas II B MI Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik. 3) Mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman materi Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga dengan menggunakan media Panggung Boneka dalam pembelajaran IPS siswa kelas II B MI Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas II B MI Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis, observasi, wawancara, serta dokumentasi.Hasil penelitian dapat diketahui sebagai berikut: 1) Penggunaan media Panggung Boneka untuk meningkatkan pemahaman materi Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga pada siswa kelas II B MI Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I mendapat 84,16 dan meningkat pada siklus II menjadi 97,58. Sedangkan, nilai akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73,61 menjadi 92,04 pada sikus II. 2) Tingkat pemahaman materi Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga siswa kelas II B MI Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik setelah menggunakan media Panggung Boneka pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus diperoleh hasil 47,05% dan rata-rata nilai sebesar 68,67. Kemudian pada siklus I diperoleh hasil 73,52% dan rata-rata nilai sebesar 75,58. Serta pada siklus II meningkat menjadi 91.17% dan rata-rata nilai sebesar 88,97 dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Email: yuli.musrifatus@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Musthofa, M. Bahri
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Media; Panggung Boneka
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sa'diah Yuli Musrifatus
Date Deposited: 01 Mar 2017 03:41
Last Modified: 04 Mar 2019 07:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15588

Actions (login required)

View Item View Item